PENGELOLAAN POTENSI DESA OLEH KELOMPOK WANITA TANI PELITA KUSUMA (STUDI DESA BUMI HARJO KECAMATAN PINANG RAYA KABUPATEN BENGKULU UTARA)

Agustina, Dian and Panji, Suminar and Diyas, Widiyarti (2021) PENGELOLAAN POTENSI DESA OLEH KELOMPOK WANITA TANI PELITA KUSUMA (STUDI DESA BUMI HARJO KECAMATAN PINANG RAYA KABUPATEN BENGKULU UTARA). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Dian Agustina (D1F017027)(1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan potensi desa oleh kelompok wanita tani Pelita Kusuma di Desa Bumi Harjo Kecamatan Pinang Raya Kabupaten Bengkulu Utara dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan ditentukan secara purposive sampling meliputi pendamping kelompok wanita tani, kepala desa Bumi Harjo, tujuh anggota sekaligus kepengurusan kelompok wanita tani Pelita Kusuma, serta 3 masyarakat umum desa Bumi Harjo terkhususnya ibu rumah tangga atau konsumen dari produk kelompok. Data dikumpulkan melalui penerapan teknik observasi partisipan pada pengelolaan potensi desa oleh kelompok wanita tani Pelita Kusuma. Wawancara mendalam menggunakan teknik semi terstruktur dan dokumentasi. Data yang diperoleh direduksi dalam kelompok sejenis maupun dicatat variasinya dan kemudian diverifikasi untuk mendapatkan kesahihan data dan mencukupi kebutuhan jawaban atas masalah penelitian. Simpulan sebagai proses akhir disusun setelah semua data selesai ditelaah. Data dianalisis secara sosiologis dengan menggunakan teori inovasi dari Evereet M Rogers. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengelolaan potensi desa yang dilakukan oleh KWT Pelita Kusuma adalah melalui beberapa faktor yaitu pengelolaan sebagai pembangunan yaitu merubah sesuatu sehingga menjadi baru dan memiliki nilai yang lebih tinggi. Potensi yang dimiliki oleh desa Bumi Harjo adalah berupa sebidang tanah 500m yang kelola oleh KWT Pelita Kusuma hingga menghasilkan produk untuk kebutuhan masyarakat desa Bumi Harjo terkhususnya. Sedangkan pengelolaan sebagai pembaharuan yaitu usaha untuk memelihara sesuatu agar lebih cocok dengan kebutuhan-kebutuhan. Usaha yang dilakukan oleh KWT untuk memelihara sesuatu tersebut yaitu dengan adanya aturan kelompok tertulis maupun tidak tertulis. Sedangkan keberfungsian kelompok terdapat tiga fungsi yaitu sebagai unit belajar yaitu seperti pembuatan pestisida berbahan nabati, sebagai unit kerjasama adalah kerjasama antar anggota, pendamping, serta dinas terkait, dan terakhir adalah sebagai unit produksi yaitu ada dua program yang dihasilkan oleh KWT Pelita Kusuma yaitu program susu kedelai murni dan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 17 May 2024 03:54
Last Modified: 17 May 2024 03:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18042

Actions (login required)

View Item View Item