KARAKTERISTIK STRUKTUR LAPISAN BATUAN DI KAWASAN RENAH SEMANEK KABUPATEN BENGKULU TENGAH MENGGUNAKAN MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVE (MASW)

YOHANA, CHRISTY SINAGA and Refrizon, Refrizon and Arif, Ismul Hadi (2023) KARAKTERISTIK STRUKTUR LAPISAN BATUAN DI KAWASAN RENAH SEMANEK KABUPATEN BENGKULU TENGAH MENGGUNAKAN MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVE (MASW). Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis Geofisika)
Skripsi Yohana Sinaga - yohana christyn.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Desa Renah Semanek memiliki rencana pembangunan perkantoran serta pertambahan penduduk yang akan terus meningkat untuk setiap tahunnya maka perlu dilakukan penelitian menggunakan metode Multichannel Analysis of Surface Waves (MASW) untuk melihat karakteristik struktur lapisan batuan di bawah permukaan bumi yang dapat menjadi acuan di dalam geoteknik. Akuisisi data di lapangan dilakukan dengan pengukuran menggunakan 24 geophone yang dipasang dengan jarak 2 m, serta menggunakan sumber seismik aktif berupa palu. Dari data rekaman yang diperoleh maka, dilakukan analisis dispersi dengan transformasi Fourier untuk mendapatkan grafik kecepatan fase dan frekuensi. Tahap akhir yang dilakukan dalam pengolahan data berupa inversi terhadap kurva dispersi yang dihasilkan dari proses picking kecepatan fase pada grafik kecepatan fase dan frekuensi untuk mendapatkan profil

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 21 May 2024 07:39
Last Modified: 21 May 2024 07:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18075

Actions (login required)

View Item View Item