PEMODELAN DATA FREKUENSI KEJADIAN GEMPA BUMI DI KEPULAUAN MENTAWAI MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL ARIMA, FUZZY TIME SERIES LEE, DAN FUZZY TIME SERIES RUEY CHYN TSAUR

VIVIN, ACNESYA and Jose, Rizal and Septri, Damayanti (2023) PEMODELAN DATA FREKUENSI KEJADIAN GEMPA BUMI DI KEPULAUAN MENTAWAI MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL ARIMA, FUZZY TIME SERIES LEE, DAN FUZZY TIME SERIES RUEY CHYN TSAUR. Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi2023_Vivin Acnesya(F1A019019) - Vivin Acnesya.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Model time series merupakan model peramalan kuantitatif yang digunakan untuk menentukan pola data pada masa lampau dan dikumpulkan berdasarkan urutan waktu. Model dalam time series salah satunya adalah ARIMA (Autoregressive Integrated Moving Average). ARIMA biasanya digunakan untuk peramalan jangka pendek. Selain dari model ARIMA, terdapat beberapa model lain yang dapat digunakan yakni dengan pendekatan Fuzzy Time Series. Fuzzy Time Series memiliki beberapa model, diantaranya yaitu model Fuzzy Time Series Lee, Fuzzy Time Series Ruey Chyn Tsaur, dan lain sebagainya. Pada penelitian ini, memodelkan data frekuensi kejadian gempa bumi di Kepulauan Mentawai menggunakan Pendekatan Model ARIMA, Fuzzy Time Series Lee, dan Fuzzy Time Series Ruey Chyn Tsaur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model manakah yang terbaik digunakan. Berdasarkan akurasi pengukuran peramalan menggunakan MAPE dan MSE pada model ARIMA didapatkan nilai MAPE sebesar 30,056% dan MSE sebesar 32,573. Kemudian pada model Fuzzy Time Series Lee memiliki nilai MAPE sebesar 37,511% dan MSE sebesar 27,073. Dan pada model Fuzzy Time Series Ruey Chyn Tsaur didapatkan nilai MAPE sebesar 27,051% dan MSE sebesar 11,671. Sehingga, model terbaik yang digunakan dalam pemodelan data frekuensi kejadian gempa bumi di Kepulauan Mentawai adalah model Fuzzy Time Series Ruey Chyn Tsaur. Kata Kunci: Time series, ARIMA, Fuzzy Time Series Lee, Fuzzy Time Series Ruey Chyn Tsaur, MAPE, dan MSE.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 22 May 2024 04:43
Last Modified: 22 May 2024 04:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18100

Actions (login required)

View Item View Item