PELAKSANAAN MARKETING PUBLIC RELATIONS RUMAH SAKIT RAFFLESIA BENGKULU

Pratiwi, Fitriyanti and Heri, Supriyanto and Susri , Adeni (2011) PELAKSANAAN MARKETING PUBLIC RELATIONS RUMAH SAKIT RAFFLESIA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
Fitriyanti Pratiwi (D1E007006)-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengindetifikasi dan mengetahui mengenai kegiatan Marketing Public Relations yang dilakukan oleh Rumah Sakit Rafflesia Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dengan informan terpilih berdasarkan kredibilitasnya yaitu bagian Humas/Marketing Rumah Sakit Rafflesia Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rumah Sakit Rafflesia Bengkulu telah melaksanakan kegiatan-kegiatan Marketing Public Relations. Kegiatan – kegiatan tersebut yaitu publikasi, event, berita, kegiatan layanan publik, dan media identitas. Untuk publikasi, Rumah Sakit Rafflesia Bengkulu melakukan pembuatan laporan tahunan dan penyebaran brosur. Event yang pernah diselenggarakan Rumah Sakit Rafflesia dalam hal mendukung kegiatan Marketing Public Relations adalah mengadakan seminar, peringatan hari jadi, dan pameran. Untuk berita, Rumah Sakit Rafflesia Bengkulu membuat press release yang kemudian dikirimkan ke media cetak untuk diterbitkan menjadi berita. Kegiatan layanan publik yang dilakukan adalah mengadakan acara sunatan massal yang dikhususkan bagi anak kurang mampu. Kegiatan pidato dilakukan dengan mengisi acara acara seminar yang diadakan oleh Rumah Sakit Rafflesia Bengkulu. Salah satu seminar yang diadakan adalah seminar mengenai pencegahan penularan penyakit HIV AIDS pada remaja. Untuk media identitas, Rumah Sakit Rafflesia Bengkulu menggunakan logo, slogan, kartu nama, dan seragam. Dan untuk kegiatan lain rumah sakit Rafflesia Bengkulu membuat sebuah akun facebook. Faktor pendukung dalam pelaksanaan Marketing Pulic Relations ini adalah adanya dukungan dari Direksi dan karyawan lain terhadap bagian Humas. Faktor penghambat dalam pelaksanaan kegiatan Marketing Public Relations ini adalah minimnya dana dan kurang berkompetennya sumber daya manusia yang menangani kegiatan Marketing Public Relations ini.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 20 Nov 2013 16:20
Last Modified: 20 Nov 2013 16:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1811

Actions (login required)

View Item View Item