PRINSIP KEHATI-HATIAN NOTARIS DALAM PEMBUATAN AKTA PERJANJIAN PENGIKATAN JUAL BELI (PPJB) (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 1408 K/PDT/2015)

ANISAH, HANDIANA and Emilia, Kontesa and Slamet, Muljono (2022) PRINSIP KEHATI-HATIAN NOTARIS DALAM PEMBUATAN AKTA PERJANJIAN PENGIKATAN JUAL BELI (PPJB) (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 1408 K/PDT/2015). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
TESIS ANISAH HANDIANA ok.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Sengketa di bidang pertanahan yang salah satunya sengketa perdata yang berhubungan dengan tanah merupakan sengketa yang biasanya terjadi antara individu dengan individu. Tesis ini membahas mengenai prinsip kehati-hatian Notaris dalam pembuatan Akta Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) yang terdapat dalam Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 1408 K/PDT/2015) berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan pemenuhan prinsip penerapan hukum berkeadilan oleh majelis hakim dalam Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1408 K/Pdt/2015 juncto Putusan Pengadilan Tinggi Yogyakarta Nomor 51/PDT/2014/PT YYK juncto Putusan Pengadilan Negeri Bantul Nomor 48/Pdt.G/2013/PNBTL. Metode penelitian yang digunakan dalam tesis ini adalah yuridis normatif dengan desain eksplanatoris. Hasil penelitian menyarankan bahwa majelis hakim yang memeriksa dan memutus perkara-perkara gugatan keperdataan sengketa pertanahan pada kasus ini antara Para Penggugat, Tergugat dan Turut Tergugat seharusnya bisa lebih adil lagi dalam memutus kasus ini guna mewujudkan putusan pengadilan yang berkeadilan. Notaris pun dalam menjalankan jabatannya sebagai pejabat umum sudah seharusnya memegang teguh dan mempraktikkan prinsip kehati-hatian agar menghindari terjadinya permasalahan-permasalah hukum akibat produk akta yang dibuat dihadapan dirinya. Kata Kunci: Prinsip kehati-hatian Notaris, Akta Pengikatan Jual Beli, keadilan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Hukum
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 27 May 2024 07:19
Last Modified: 27 May 2024 07:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18113

Actions (login required)

View Item View Item