PENGARUH PEMBERIAN INFUSA DAUN UBI JALAR UNGU (Ipomea batatas L.) TERHADAP PENURUNAN KADAR GLUKOSA DARAH MENCIT JANTAN (Mus musculus) YANG DIINDUKSI SUKROSA

RAIS, AKBAR SYAHPUTRA and Septia, Wulandari and Charles, Banon (2023) PENGARUH PEMBERIAN INFUSA DAUN UBI JALAR UNGU (Ipomea batatas L.) TERHADAP PENURUNAN KADAR GLUKOSA DARAH MENCIT JANTAN (Mus musculus) YANG DIINDUKSI SUKROSA. Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI PERPUS - Rais Akbar.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tanaman ubi jalar ungu (Ipomea batatas L.) ketersediaanya cukup melimpah di Kabupaten Kepahiang, tanaman ubi jalar ungu juga dapat ditemukan di kebun milik warga wilayah kota Bengkulu. Salah satu senyawa metabolit sekunder yang terkandung dalam daun ubi jalar ungu adalah flavonoid, flavonoid merupakan senyawa yang berperan dalam menurunkan kadar glukosa darah dengan berperan sebagai inhibitor enzim glukosidase. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian infusa daun ubi jalar ungu terhadap penurunan kadar glukosa darah mencit (Mus musculus) secara in vivo. Penelitian ini menggunakan infusa daun ubi jalar ungu (Ipomea batatas L.) dengan konsentrasi 10% dan 20%. Pengukuran kadar glukosa darah menggunakan alat glucometer. Hasil yang diperoleh dibandingkan dengan acarbose sebagai kontrol positif. Data yang didapatkan menunjukan bahwa pemberian infusa daun ubi jalar ungu sediaan 10% dan 20% secara berturut-turut memiliki pengaruh dalam penurunan kadar glukosa darah mencit (Mus musculus) dengan Nilai signifikasi antara kontrol positif dan Infusa 20%. p > 0,05 yaitu 0,174 maka tidak ada perbedaan signifikan antara kontrol positif dan Infusa 20%. sedangkan antara kontrol positif dan Infusa 20%. nilai signifikasi <0,05 terhadap kontrol larutan dan infusa 10% yang artinya berbeda signifikan terhadap nilai kontrol positif dan infusa 20%. Kata kunci : Daun ubi jalar ungu(Ipomea batatas L.), Glukosa darah, Flavonoid, Mencit (Mus Musculus)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 27 May 2024 08:35
Last Modified: 27 May 2024 08:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18141

Actions (login required)

View Item View Item