ANALISIS POTENSI KERENTANAN LIKUIFAKSI DI KECAMATAN SUNGAI SERUT KOTA BENGKULU DENGAN MENGGUNAKAN METODE MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVE (MASW)

LINDA, ELSA WENDY SILITONGA and Refrizon, Refrizon and M. Farid, M. Farid (2023) ANALISIS POTENSI KERENTANAN LIKUIFAKSI DI KECAMATAN SUNGAI SERUT KOTA BENGKULU DENGAN MENGGUNAKAN METODE MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVE (MASW). Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI LINDA FIX - Linda Elsa Wendy Silitonga.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Kecamatan Sungai Serut merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kota Bengkulu. Daerah ini merupakan daerah bekas rawa yang banyak digunakan untuk membangun perumahan dan pertokoan. Jika terjadi gempa bumi maka daerah ini akan sangat membahayakan bagi masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui potensi likuifaksi di Kecamatan Sungai Serut Kota Bengkulu. Oleh karena itu, usaha yang dapat dilakukan adalah upaya mitigasi dengan menentukan nilai Vs sampai kedalaman 30 m di daerah ini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Multichannel Analysis of Surface Wave (MASW) dengan data primer dan sekunder sebanyak 29 titik penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan nilai kecepatan gelombang geser (Vs) di Kecamatan Sungai Serut berkisar antara 71 m/s hingga 1300 m/s dengan kondisi tanah didominasi oleh pasir lepas. Nilai Vs perlapisan kemudian dianalisis untuk memperoleh faktor aman terhadap likuifaksi (FS) serta tingkat kerentanan likuifaksi dianalisis menggunakan metode Liquefaction Potential Index (LPI). Hasil analisis LPI berkisar dari 2,6 hingga 88,7 yang menunjukkan bahwa semua titik uji yang telah dilakukan di daerah Kecamatan Sungai Serut memiliki potensi yang rendah hingga sangat tinggi terjadi likuifaksi. Hal ini disebabkan karena tingginya nilai percepatan tanah maksimum dan kondisi tanah yang didominasi oleh pasir lepas. Hasil tersebut diinterpretasikan ke dalam peta mikrozonasi untuk keperluan mitigasi bencana likuifaksi. Kata Kunci: Liquefaction Potential Index, MASW, Sungai Serut, Tingkat Kerentanan, Vs30

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 28 May 2024 03:14
Last Modified: 28 May 2024 03:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18169

Actions (login required)

View Item View Item