PENGARUH PENAMBAHAN MINYAK ZAITUN DAN MINYAK ATSIRI NILAM (Pogostemon cablin) TERHADAP KARAKTERISTIK SABUN PADAT DENGAN BAHAN BAKU VCO (Virgin Coconut Oil)PENGARUH PENAMBAHAN MINYAK ZAITUN DAN MINYAK ATSIRI NILAM (Pogostemon cablin) TERHADAP KARAKTERISTIK SABUN PADAT DENGAN BAHAN BAKU VCO (Virgin Coconut Oil)

CAHYA, ARDIANTI PASARIBU and Teja, Dwi Susanto and Eni, Widiyati (2023) PENGARUH PENAMBAHAN MINYAK ZAITUN DAN MINYAK ATSIRI NILAM (Pogostemon cablin) TERHADAP KARAKTERISTIK SABUN PADAT DENGAN BAHAN BAKU VCO (Virgin Coconut Oil)PENGARUH PENAMBAHAN MINYAK ZAITUN DAN MINYAK ATSIRI NILAM (Pogostemon cablin) TERHADAP KARAKTERISTIK SABUN PADAT DENGAN BAHAN BAKU VCO (Virgin Coconut Oil). Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis)
[SKRIPSI] CAHYA ARDIANTI PASARIBU-F1B019019_compressed - Cahya Ardianti Pasaribu.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Dalam pembuatan sabun dapat digunakan dua jenis minyak untuk menghasilkan kualitas yang lebih baik sesuai dengan SNI. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perubahan karakteristik sabun padat apabila ditambahkan minyak zaitun yang massa nya divariasikan dan minyak atsiri nilam. Penelitian ini menghasilkan delapan formula sabun padat yang di uji mutunya antara lain kadar air, pH, kadar alkali, dan kadar asam lemak bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua formula sabun padat dalam penelitian ini telah memenuhi SNI sabun padat. Namun terdapat beberapa uji yang tidak SNI, yaitu pada kadar air. Formula F1a, F1b, dan F2a memiliki kadar air yang lebih yaitu lebih dari 15% dimana standar untuk kadar air sabun padat maksimal 15%. Kemudian penelitian ini juga melakukan uji organoleptik untuk mengetahui tingkat kesukaan panelis terhadap sabun padat. Dari 10 panelis yang melakukan uji coba, dapat disimpulkan bahwa sabun dengan penambahan minyak atsiri nilam lebih disukai daripada sabun tanpa penambahan minyak atsiri nilam. Kata kunci : Sabun padat, VCO, minyak atsiri nilam, minyak zaitun

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 28 May 2024 04:12
Last Modified: 28 May 2024 04:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18186

Actions (login required)

View Item View Item