SINTESIS DAN KARAKTERISASI KOMPOSIT Sn /ZnO MENGGUNAKAN EKSTRAK DAUN LAMTORO (Leucaena leucocephala) DENGAN METODE HIDROTERMAL

MELTISA, NOVENDA and Asdim, Asdim and Charles, Banon (2023) SINTESIS DAN KARAKTERISASI KOMPOSIT Sn /ZnO MENGGUNAKAN EKSTRAK DAUN LAMTORO (Leucaena leucocephala) DENGAN METODE HIDROTERMAL. Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis)
DRAFT_SKRIPSI_MELTISA NOVENDA_F1B019061_S1_KIMIA - Meltisa Novenda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Telah disintesis Sn /ZnO dengan metode hidrotermal menggunakan ekstrak daun Lamtoro (Leucaena leucocephala). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan ekstrak daun Lamtoro (Leucaena leucocephala) terhadap kristalinitas dan morfologi dalam sintesis komposit Sn /ZnO. Sintesis komposit Sn /ZnO dilakukan dengan metode hidrotermal selama 12 jam pada suhu 160°C dengan variasi massa daun lamtoro 5, 10 dan 15 gram. Karakterisasi XRD (X-Ray Diffraction) menunjukkan bahwa komposit Sn /ZnO hasil sintesis tanpa penambahan ekstrak dan dengan penambahan ekstrak daun Lamtoro (Leucaena leucocephala) tidak memiliki perbedaan yang signifikan, yaitu kristalinitasnya yang relatif tinggi serta pola difraksi yang dihasilkan mengindikasikan terbentuknya Sn dan ZnO. Variasi massa ekstrak 5, 10 dan 15 gram menghasilkan kristal berukuran 13,54 nm, 40,64 nm, dan 65,05 nm sedangkan komposit Sn /ZnO tanpa penambahan ekstrak berukuran 65,03 nm. Massa ekstrak daun lamtoro dimana ukuran kristal yang dihasilkan paling kecil, yaitu pada variasi massa 5 gram. Ekstrak daun Lamtoro (Leucaena leucocephala) dapat digunakan sebagai capping agent alami dalam sintesis komposit Sn /ZnO. Hasil karakterisasi FTIR (Fourier Transform Infra Red) menunjukkan pita serapan dari getaran peregangan Sn-O-Sn dan Zn-O pada spektrum tanpa penambahan ekstrak, yaitu pada bilangan gelombang 623,96 dan 496,70 . Sedangkan dengan penambahan massa ekstrak 10 gram daun Lamtoro (Leucaena leucocephala), yaitu pada bilangan gelombang 529,55 dan 500,81 . Karakterisasi SEM (Scanning Electron Microscopy) menunjukkan bahwa komposit Sn /ZnO dengan penambahan ekstrak daun Lamtoro (Leucaena leucocephala) sebanyak 10 gram dan komposit Sn /ZnO tanpa penambahan ekstrak memiliki perbedaan yang tidak terlalu signifikan, secara ukuran partikel dengan penambahan ekstrak daun lamtoro lebih kecil dibandingan komposit Sn /ZnO tanpa penambahan ekstrak. Kata kunci : Komposit Sn /ZnO, Hidrotermal, Daun Lamtoro (Leucaena leucocephala)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 28 May 2024 04:33
Last Modified: 28 May 2024 04:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18189

Actions (login required)

View Item View Item