PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI ASAP CAIR DARI LIMBAH SABUT BUAH PINANG (Areca catechu L.) SERTA APLIKASINYA SEBAGAI KOAGULAN LATEKS

ZAHARA INDAH, ZAHARA INDAH and Charles, Banon and Deni, Agus Triawan (2023) PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI ASAP CAIR DARI LIMBAH SABUT BUAH PINANG (Areca catechu L.) SERTA APLIKASINYA SEBAGAI KOAGULAN LATEKS. Undergraduated thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI ZAHARA INDAH - Meksi Motor.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Limbah kulit buah pinang yaitu limbah yang banyak sekali tidak termanfaatkan. Penelitian ini memanfaatkan limbah sabut buah pinang secara optimal untuk dibuat asap cair dengan metode pirolisis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuat dan mengkarakterisasi asap cair dari sabut buah pinang serta mengaplikasikannya sebagai koagulan lateks. Pirolisis berlangsung selama 5 jam dengan suhu 380oC sehingga menghasilkan asap cair berwarna coklat kehitaman dengan ciri khas bau asap. Derajat keasaman pada asap cair sebesar 3,4 ±0,00 dengan kadar total asam sebesar 7,46% dan Rendemen yang dihasilkan dari peristiwa pirolisis sebesar 9,74469%. Konsentrasi asap cair yang diaplikasikan pada lateks divariasikan mulai dari 15%, 20%, dan 25% serta digunakan asam formiat 2% dan tanpa penambahan koagulan sebagai pembanding. Hasil penelitian menunjukan bahwa asap cair berpotensi untuk dijadikan bahan penggumpal lateks dengan waktu koagulasi 5,49 menit (25%), lebih baik daripada bahan penggumpal asam formiat 2% dengan waktu koagulasi selama 12,22 menit sedangkan tanpa penambahan koagulan selama 90 menit. Hasil uji organoleptik koagulum lateks, menunjukan bahwa asap cair dapat menghilangkan bau busuk dan dapat membantu menggumpalkan lateks sehingga menghasilkan padatan dengan tekstur padat dan berwarna abu-abu kehitaman. Kata kunci : asap cair, koagulan lateks, limbah sabut pinang, pirolisis.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 29 May 2024 01:50
Last Modified: 29 May 2024 01:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18204

Actions (login required)

View Item View Item