PEMBERIAN PUPUK ORGANOMINERAL BERFORMULA TABLET UNTUK PERTUMBUHAN, HASIL BIOMASA TANAMAN SAWI DAN EFISIENSI SERAPAN NITROGEN

Frederika, Verna Purdiah Ningrum and Marwanto, Marwanto and Priyono, Prawito. (2022) PEMBERIAN PUPUK ORGANOMINERAL BERFORMULA TABLET UNTUK PERTUMBUHAN, HASIL BIOMASA TANAMAN SAWI DAN EFISIENSI SERAPAN NITROGEN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI Frederika Verna Purdiah Ningrum.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan pupuk urea yang masih tinggi dan efisiensi penggunaan pupuk anorganik urea yang rendah menjadi tantangan utama di dunia pertanian. Salah satu upaya dalam mengurangi penggunaan pupuk urea yaitu dengan memodifikasi urea dengan mengenkapsulasi dengan bahan organik salah satu nya yaitu abu boiler kelapa sawit yang sudah terbukti dapat menyeimbangkan dan mengontrol pelepasan N dari urea dan diserap baik oleh tanaman. Namun belum diketahui berapa dosis pupuk Organomineral berformula tablet yang terbuat dari enkapsulasi urea dengan abu boiler kelapa sawit untuk pertumbuhan, hasil biomassa tanaman sawi dan efisiensi penggunaan pupuk Nitrogen. Penelitian ini bertujuan menentukan dosis aplikasi POM untuk meningkatkan pertumbuhan, hasil biomassa tanaman sawi hijau, serapan N, dan efisiensi serapan N. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2021 hingga Mei 2021 bertepat di Talang Kering, kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunaan rancangan acak kelompok lengkap (RAKL) dengan faktor tunggal sebanyak 6 taraf. Perlakuan pada penelitian ini adalah pemberian pupuk Organomineral berbagai dosis, yang terdiri dari P0 = 0 kg/ha POM, P1 = 200 Kg/ha urea, P2 = 325 kg/ha POM, P3 = 650 kg/ha POM, P4 = 975 kg/ha POM, dan P5 = 1300 kg/ha POM. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan pertumbuhan dan hasil biomassa tanaman mengikuti peningkatan dosis POM yang diberikan. Pemberian POM pada dosis 1300 Kg/ha mampu memberika pertumbuhan, hasil biomassa sawi, serapan N tertinggi, setara dengan pemberian urea 200 kg/ha dan dengan peningkatan sebesar 161% dibandingkan tanpa pupuk untuk hasil biomassa. Dosis POM tersebut merupakan yang paling baik dalam pemupukan N untuk sawi di tanah dengan kandungan N total sedang (0,13).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 29 May 2024 04:24
Last Modified: 29 May 2024 04:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18239

Actions (login required)

View Item View Item