Desriyana, Dita and Hermansyah, Amir and Salastri, Rohiat (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS APLIKASI KAHOOT UNTUK MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
Skripsi Dita Desriyana (siap cetak).pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kelayakan dan respon peserta didik terhadap instrumen evaluasi pembelajaran kimia berbasis aplikasi Kahoot yang dikembangkan. Penelitian dilaksanakan pada bulan September-November 2021 di universitas bengkulu dan SMA Negeri 3 Kota Bengkulu. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu 4-D (Four-D) dari thiagarajan yang dibatasi pada tahap develop. Sampel penelitian ini yaitu sebanyak 32 orang peserta didik dari kelas XI MIPA 4. Data penelitian diperoleh dari angket ahli materi dan ahli media serta angket respon peserta didik. Data penelitian menggambarkan tingkat kelayakan instrumen pembelajaran kimia berbasis aplikasi Kahoot pada aspek media sebesar 96% dan aspek materi sebesar 85%, sehingga instrumen evaluasi pembelajaran kimia berbasis aplikasi Kahoot dapat dikategorikan sangat valid. Hasil uji respon peserta didik terhadap instrumen evaluasi pembelajaran kimia berbasis aplikasi Kahoot diperoleh persentase sebesar 87,52% dengan kategori sangat menarik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen evaluasi pembelajaran kimia berbasis aplikasi Kahoot pada materi ikatan kimia yang telah dikembangkan sangat layak untuk digunakan sebagai alat evaluasi pembelajaran kimia. Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Instrumen evaluasi, Kahoot, Ikatan Kimia
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 30 May 2024 08:09 |
Last Modified: | 30 May 2024 08:09 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18275 |
Actions (login required)
View Item |