PANDEMI COVID-19 SEBAGAI ALASAN FORCE MAJEURE DALAM PERJANJIAN PEMBIAYAAN KONSUMEN KENDARAAN BERMOTOR (STUDI PADA PT SUMMIT OTO FINANCE CABANG BENGKULU)

HAFIDZA, ZIA and Tito, sofyan and Candra, Irawan (2022) PANDEMI COVID-19 SEBAGAI ALASAN FORCE MAJEURE DALAM PERJANJIAN PEMBIAYAAN KONSUMEN KENDARAAN BERMOTOR (STUDI PADA PT SUMMIT OTO FINANCE CABANG BENGKULU). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
TESIS Hafidza Zia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis akibat hukum dari Pandemi COVID-19 sebagai alasan Force Majeure dalam perjanjian pembiayaan di PT. Summit OTO Cabang Bengkulu dan untuk memahami dan mengetahui penyelesaian hukum terkait keterlambatan pelaksanaan pembayaran angsuran kendaraan bermotor pada perusahaan pembiayaan PT. Summit OTO Cabang Bengkulu akibat COVID-19. Metode penelitian yang digunakan dalam menyelesaikan tesis ini adalah metode penelitian hukum empiris. Lokasi peneltian di PT. Summit OTO Cabang Bengkulu. Teknik pengumpulan data melalui studi dokumen dan wawancara. Hasil penelitian dan pembahasan menjelaskan bahwa akibat hukum adanya penyebaran COVID-19 sebagai Force Majeure relatif terhadap perjanjian pembiayaan adalah bahwa debitur tetap harus memenuhi kewajiban/prestasinya kepada debitur setelah COVID-19 berakhir. Dalam pelaksanaannya, maka debitur diberikan keringanan kredit melalui restruktrisasi sesuai dengan bentuk restrukturisasi yang dikeluarkan oleh Leasing berupa penurunan suku bunga, perpanjangan jangka waktu, pengurangan tunggakan pokok, pengurangan tunggakan bunga dan bentuk lainnya sesuai verifikasi dan analisis pihak Leasing terhadap debitur terdampak COVID-19. Implementasi restrukturisasi pembiayaan pada PT. Summit OTO Cabang Bengkulu hingga bulan juli 2021 telah terealisasi sebanyak 431 (empat ratus tiga puluh satu) kontrak pembiayaan. Restrukturisasi pembiayaan dilakukan dengan cara perpanjangan jangka waktu perjanjian, penundaan sebagian pembayaran angsuran kendaraan bermotor, dan pengurangan tunggakan pokok pada jangka waktu restrukturisasi pembiayaan. Kata kunci: Pandemi COVID-19, Restrukturisasi, Force Majeure, PT. Summit OTO Cabang Bengkulu

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Hukum
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 30 May 2024 08:10
Last Modified: 30 May 2024 08:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18292

Actions (login required)

View Item View Item