PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP PDF CORPORATE EDITION PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA (Research and Development)

Safitri, Novia Anjani and Elvinawati, Elvinawati and Salastri, Rohiat (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP PDF CORPORATE EDITION PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA (Research and Development). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI NOVIA ANJANI SAFITRI (A1F017031).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan respon peserta didik terhadap e-modul kimia yang dikembangkan. Penelitian dilaksanakan pada bulan September-November 2021 di Universitas Bengkulu dan SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu model 4-D (Four-D) dari Thiagarajan yang dibatasi pada tahap develop. Sampel yang digunakan pada uji coba skala kecil adalah 12 orang peserta didik dari kelas XII IPA 5. Data penelitian diperoleh dari angket validasi ahli materi dan ahli media serta angket respon peserta didik. Dari hasil penelitian diperoleh tingkat kelayakan e-modul kimia pada aspek media sebesar 95% dan aspek materi sebesar 85,09%, sehingga e-modul kimia dapat dikategorikan sangat valid. Hasil uji respon peserta didik terhadap e-modul kimia pada uji coba skala kecil diperoleh persentase sebesar 88,33% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul kimia menggunakan aplikasi Flip PDF Corporate Edition pada materi larutan penyangga yang telah dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : E-Modul, Model 4-D (Four-D), Flip PDF Corporate Edition

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 30 May 2024 08:35
Last Modified: 30 May 2024 08:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18299

Actions (login required)

View Item View Item