PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KANDANG SAPI DAN GYPSUM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL KEDELAI HITAM (Glycine soja (L) Merrill) DI LAHAN KERING PESISIR

Dapid, Herison and Hesti, Pujiwati and Yulian, Yulian (2022) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KANDANG SAPI DAN GYPSUM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL KEDELAI HITAM (Glycine soja (L) Merrill) DI LAHAN KERING PESISIR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_DAPID_HERISON cetak.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Kedelai hitam (Glycine soja (L) Merrill) merupakan salah satu jenis komoditas tanaman pangan yang sangat digemari masyarakat, kedelai hitam dapat diolah menjadi kecap, campuran peyek dan sebagai obat. Kedelai dapat ditanam dilahan marginal salah satunya lahan pesisir. Namun, permasalahan utama dalam pemanfaatan lahan pesisir adalah wilayah pesisir merupakan wilayah yang memiliki kekurangan untuk mendukung usaha budidaya. Faktor pembatas tersebut meliputi kadar garam yang cukup tinggi, dan kandungan bahan organik yang rendah, sehingga perlu dilakukan penelitian untuk meningkatkan hasil produktivitas kedelai hitam pada lahan pesisir. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menentukan interaksi antara pupuk kandang sapi dan gypsum pada pertumbuhan dan hasil kedelai hitam, (2) menentukan dosis pupuk kandang sapi yang terbaik pada pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai hitam, (3) menentukan dosis gypsum yang terbaik pada pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai hitam. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus sampai bulan Desember 2021, di Lahan pesisir Bengkulu dengan tingkat salinitas ˃4 dS/m. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) dengan 2 faktor dan 3 ulangan. Faktor 1 pukan sapi dengan 3 taraf (0, 15, 30 , dan 45 ton/ha), Faktor 2 gypsum dengan 4 taraf (0, 2, 4, dan 6 ton/ha). Hasil penelitian menunjukkan terdapat interaksi antara dosis pukan sapi dan Gypsum, variabel bobot biji per/tanaman interaksi terbaik perlakuan pukan sapi 30 ton/ha dan gypsum dosis 4 ton/ha dan bobot 100 biji Interaksi terbaik perlakuan pukan sapi dosis 45 ton/ha dan Gypsum 6 ton/ha. Adanya perbedaan nyata antara kontrol dan perlakuan pukan sapi, diantara dosis 15 - 45 ton/ha tidak terdapat pengaruh nyata. Pemberian dosis Gypsum tidak menunjukkan pengaruh nyata pada semua variabel yang diamati.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 31 May 2024 03:49
Last Modified: 31 May 2024 03:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18319

Actions (login required)

View Item View Item