ANALISIS YURIDIS PELAKSANAAN PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP PADA KEGIATAN KERJA SAMA PEMANFAATAN TANAH HAK PENGELOLAAN DI PT. PELINDO II (PERSERO) CABANG BENGKULU

DEFRI, SYAPUTRA and Iskandar, Iskandar and Nur, Sulistyo B. Ambarini (2022) ANALISIS YURIDIS PELAKSANAAN PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP PADA KEGIATAN KERJA SAMA PEMANFAATAN TANAH HAK PENGELOLAAN DI PT. PELINDO II (PERSERO) CABANG BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
THESIS DEFRI SYAPUTRA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)

Abstract

PT. Pelindo II (Persero) Cabang Bengkulu memiliki tanah dengan status hak pengelolaan dan melakukan kerja sama pemanfaatan tanah hak pengelolaan. Kerja sama usaha tersebut berisiko merusak dan mencemari lingkungan hidup sekitar. Lingkungan hidup yang sehat dan tidak tercemar merupakan hak asasi bagi setiap manusia yang berada di Negara Republik Indonesia. Pengaturan terhadap aspek pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup dalam kerja sama tersebut merupakahn hal yang krusial dalam rangka mewujudkan pembangunan didasarkan pada prinsip pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dari kerja sama pemanfaatan tanah hak pengelolaan diluar bidang kepelabuhanan yang dilakukan oleh PT. Pelindo II (Persero) Cabang Bengkulu, penentuan hak dan kewajiban terkait aspek perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, dan tanggung jawab dalam pelaksanaan perlindungan dan pengelolan lingkungan hidup. Metode penelitian menggunakan metode hukum empiris yang bersifat deskriptif dengan pendekatan non-doktrinal, pengolahan terhadap data primer dan sekunder dan dianalisa menggunakan metode yuridis kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1) bentuk kerja sama pemanfaatan tanah hak pengelolaan adalah bentuk kerja sama dengan pengaturan hak dan kewajiban yang tertuang dalam perjanjian kerja sama; 2) pengaturan hak dan kewajiban terhadap perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup tidak diatur secara jelas dan terperinci sesuai RKL dan RPL; 3) PT. Pelindo II (Persero) sebagai pemegang izin lingkungan belum melakukan upaya yang maksimal dari perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dalam kerja sama pemanfaatan bagian tanah hak pengelolaan. Kata Kunci : Hak pengelolaan, Kerjasama, Perlindungan, Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Hukum
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 31 May 2024 08:05
Last Modified: 31 May 2024 08:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18324

Actions (login required)

View Item View Item