PERBANDINGAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK BINAAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK DI NEGARA INDONESIA DENGAN NEGARA TURKI

ELFA, YENIKA FARMA and Lidia, Br. Karo and Stevri, Iskandar (2023) PERBANDINGAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK BINAAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK DI NEGARA INDONESIA DENGAN NEGARA TURKI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Dokumen dari Elfa Yenika Farma - Elfa Yenika.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Perlu adanya perlindungan hukum terhadap anak yang berada di dalam LPKA supaya hak-hak tetap didapatkan oleh anak. Perlindungan tersebut telah diatur sesuai dengan ketentuan hukum yang ada. Ketentuan hukum menjadi patokan agar tidak terjadi kesewenang-wenangan pihak lembaga LPKA terhadap anak dalam upaya pemenuhan hak anak. Selain pemenuhan hak ada juga penegakan hukuman terhadap anak yang melakukan perbuatan pelanggaran sehingga harus diberikan hukuman disiplin. Negara Indonesia dalam pemberian hukuman disiplin dibagi dalam bentuk hukuman disiplin ringan, sedang dan berat. Sedangkan Negara Turki hukuman disiplin terdiri dari teguran, ganti rugi, pencegahan berpartisipasi dalam kegiatan, penarikan hak istimewa, menutup kunjungan, dan pemindahan kelembaga permasyarakatan tertutup. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif dibuat dengan pendekatan undang-undang dan pendekatan komparatif. Perlindungan hukum terhadap anak binaan yang berada di LPKA antara Negara Indonesia dengan Negara Turki. Persamaan perlindungan hukum terhadap anak binaan di LPKA pada Negara Indonesia dengan Negara Turki yaitu memiliki tingkatan kategori dalam menjatuhkan hukuman disiplin dan adanya pembebasan bersyarat bagi berkelakuan baik. Sedangkan perbedaan perlindungan hukum, Negara Indonesia dalam menjatuhkan hukuman disiplin atas berbagai macam pelanggaran hukumannya sama hanya waktu yang berbeda, sedang Negara Turki dalam menjatuhkan hukuman disiplin sesuai dengan jenis perbuatan yang dilakukannya. Kata Kunci: Perbandingan, perlindungan hukum, anak binaan, LPKA, Negara Indonesia, Negara Turki.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 04 Jun 2024 01:47
Last Modified: 04 Jun 2024 03:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18334

Actions (login required)

View Item View Item