OPTIMALISASI PENGGUNAAN LAHAN UNTUK PENGEMBANGAN TANAMAN JERUK SIAM (Citrus nobilis L.) DI KABUPATEN BENGKULU TENGAH BERBASIS EVALUASI KESESUAIAN LAHAN

Bagas, Rezadi and Kanang, Setyo Hindarto and M. Faiz, Barchia (2022) OPTIMALISASI PENGGUNAAN LAHAN UNTUK PENGEMBANGAN TANAMAN JERUK SIAM (Citrus nobilis L.) DI KABUPATEN BENGKULU TENGAH BERBASIS EVALUASI KESESUAIAN LAHAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI BAGAS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya produksi jeruk siam di Kabupaten Bengkulu Tengah disebabkan oleh sumber daya alam yang terbatas sehingga diperlukan upaya pemanfaatan lahan secara optimal salah satunya dengan melakukan evaluasi kesesuaian lahan. Adapun tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kelas kesesuaian lahan guna dan menentukan rekomendasi pengelolaan lahan untuk pengembangan tanaman jeruk siam di Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli-September 2021. Lokasi pengambilan contoh tanah di Kabupaten Bengkulu Tengah dan analisis sampel tanah dilakukan di Laboratorium Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode sistem klasifikasi kesesuaian lahan yang dikembangkan oleh FAO (1976). Penelitian ini terdiri dari tahap pembuatan peta jenis tanah, survey pendahuluan, survey lapangan, tabulasi data, klasifikasi kesesuaian lahan, penyusunan peta kesesuaian lahan dan pembuatan laporan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian lahan aktual untuk tanaman jeruk siam di Kabupaten Bengkulu Tengah terbagi menjadi 2 kelas yaitu tidak sesuai (N) pada kawasan seluas 32.205, 47 ha (26,31%) dan sesuai marjinal (S3) pada Kawasan seluas 78.894 ha (64,46%) dengan faktor pembatas dominan retensi hara, ketersediaan oksigen, media perakaran dan kelerengan. Sedangkan 11.295 ha (9,23%) termasuk dalam Kawasan hutan lindung sehingga tidak direkomendasikan untuk dikembangkan jeruk siam. Kesesuaian lahan potensial untuk tanaman jeruk siam di Kabupaten Bengkulu Tengah 6 kelas yaitu Hl pada lahan seluas 11.295 ha, S3ehrc pada lahan seluas 32.315 ha dengan melakukan pembuatan teras dan rorak, S2rcnr pada lahan seluas 7.154 ha dengan melakukan pengapuran dan pemberian pupuk organik, S2nreh pada lahan seluas 11.393 ha dengan melakukan pengapuran, pemberian pupuk organik, pembuatan teras dan rorak, S2oarcnr pada lahan seluas 8.168 ha dengan melakukan perbaikan saluran drainase, pemberian pupuk organik dan S3rc pada lahan seluas 52.069 ha dengan melakukan pengapuran dan pemberian pupuk organik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Soil Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 04 Jun 2024 02:35
Last Modified: 04 Jun 2024 02:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18341

Actions (login required)

View Item View Item