PENERAPAN METODE MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS (MOORA) PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PERANGKINGAN KUALITAS AIR MINUM BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS : PDAM TIRTA HIDAYAH KOTA BENGKULU)

FEBBY, NOVRIANANDA PUTRI and Desi, Andreswari and Julia, Purnama Sari (2023) PENERAPAN METODE MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS (MOORA) PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PERANGKINGAN KUALITAS AIR MINUM BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS : PDAM TIRTA HIDAYAH KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis Informatika)
Skripsi_Febby Novriananda Putri_G1A019035 - Febby N. Putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Air merupakan komponen lingkungan hidup yang penting bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Dari observasi terdahulu yang telah dilakukan, sumber air minum Kota bengkulu yang berasal dari Sungai Nelas tercemar oleh bakteri Escherichia Coli yang disebabkan oleh zat kimia seperti pestisida dan lainnya. Sebagai masyarakat harus terus berhati-hati dalam mengonsumsi air minum yang bersumber dari PDAM. Hal ini yang mendorong peneliti untuk membangun suatu sistem yang nantinya dapat memberikan bantuan keputusan bagi pihak PDAM dalam memantau kualitas air minum di tiap kelurahan Kota Bengkulu dan memberikan bantuan kepada pihak masyarakat dalam bentuk informasi kebersihan air minum daerah masing-masing. Sistem dibangun menggunakan metode MOORA. Metode ini memiliki tingkat selektivitas yang baik dalam menentukan alternatif. Luaran yang dihasilkan berupa perangkingan dari nilai terendah dari 67 kelurahan yang dijadikan sampel dalam penelitian. Hasil yang didapat dari penelitian ini, kelurahan dengan nilai terendah ialah Bentiring Permai dengan nilai akhir 0.094636. Kata Kunci : Air minum, Sistem Pendukung Keputusan, Metode MOORA

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 11 Jun 2024 08:02
Last Modified: 11 Jun 2024 08:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18372

Actions (login required)

View Item View Item