IDENTIFIKASI OBJEK DAYA TARIK WISATA DAN KARAKTERISTIK PENGUNJUNG DI EKOWISATA BUKIT GATAN WILAYAH KPH LAKITAN BUKIT COGONG KABUPATEN MUSI RAWAS PROVINSI SUMATERA SELATAN

Yenni, Safitri and Edi, Suharto and Gunggung, Senoaji (2022) IDENTIFIKASI OBJEK DAYA TARIK WISATA DAN KARAKTERISTIK PENGUNJUNG DI EKOWISATA BUKIT GATAN WILAYAH KPH LAKITAN BUKIT COGONG KABUPATEN MUSI RAWAS PROVINSI SUMATERA SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_YENNI SAFITRI_KEHUTANAN_E1B017023.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Ekowisata merupakan perjalanan wisata kesuatu lingkungan baik yang alami maupun buatan, serta budaya yang bersifat informative dan partisipatif. Ekowisata mempunyai tiga fungsi yaitu keberlangsungan alam, ekologi, dan manfaat ekonomi. secara pisikologi dapat diterima dalam kehidupan sosial masyarakat. Kegiatan ekowisata secara langsung memberi akses kepada semua orang untuk melihat, mengetahui, dan menikmati pemandangan alam serta budaya masyarakat lokal. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai Oktober 2021 di Objek Wisata Bukit Gatan, Desa Sukorjo, Kecamatan STL Ulu Trawas, Kabupaten Musi Rawas.Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, kuisoner dan dokumentasi. Penelitian menggunakan metode survey. Jumlah responden 100 orang ditentukan dengan cara nonprobability sampling. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Data dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil penelitan menunjukan bahwa Bukit Gatan merupakan salah satu objek wisata yang berada di Kabupaten Musi Rawas yang mempunyai daya tarik wisata serta keindahan alam yang cukup beragam. Karakteristik pengunjung yang paling mendominasi yaitu pengunjung yang berusia antara 18-25 tahun, berjenis kelamin laki-laki, berasal dari dalam Kabupaten Musi Rawas, pekerjaan suwasta dan berstatus SMA. Sumber informasi berasal dari teman dengan tujuan piknik. Rata-rata jumlah kunjungan lebih dari 3 kali, lama kunjungan rata-rata lebih dari 3 jam. Kendaraan yang digunakan ialah motor dengan cara berkelompok <4 orang serta jarak tempuh <10 km dengan harga tiket murah serta fasilitas tambahan tempat beristirahat.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 14 Jun 2024 03:50
Last Modified: 14 Jun 2024 03:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18392

Actions (login required)

View Item View Item