PENERAPAN ALGORITMA C4.5 DAN PROFILE MATCHING PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KONTRASEPSI BAGI AKSEPTOR (STUDI KASUS : KABUPATEN BENGKULU UTARA)

KINANTI, IKA OKTARINATA and Desi, Andreswari and Funny, Farady Coastera (2023) PENERAPAN ALGORITMA C4.5 DAN PROFILE MATCHING PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KONTRASEPSI BAGI AKSEPTOR (STUDI KASUS : KABUPATEN BENGKULU UTARA). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis Informatika)
Naskah skripsi Kinanti Ika Oktarinata G1A016078 (DipulihkanOtomatis) 2 - Kinan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Sistem pendukung keputusan kini penting di berbagai bidang, termasuk pemilihan alat kontrasepsi bagi akseptor. Penelitian ini bertujuan mengintegrasikan algoritma C4.5 dan metode profile matching dalam pengembangan sistem pendukung keputusan untuk membantu akseptor memilih alat kontrasepsi yang cocok. Algoritma C4.5 adalah pengklasifikasian berbasis pohon keputusan yang otomatis menghasilkan aturan dari dataset. Kontrasepsi berdasarkan jenis kandungannya dibagi menjadi hormonal dan non hormonal, diklasifikasikan oleh algoritma C4.5 dan dikelola oleh profile matching. Metode ini membandingkan profil akseptor dengan kontrasepsi. Setiap kontrasepsi memiliki karakteristik khusus dan dicocokan dengan preferensi dan kondisi akseptor. Sistem menghitung kesesuaian profil akseptor dan kontrasepsi, lalu menghasilkan rekomendasi. diperoleh hasil akurasi pada algorima C4.5 sebesar 100% dan pada metode profile matching sebesar 50%. Ada beberapa faktor yang menyebabkan tingkat akurasi pada metode profile matching sendiri yaitu pengambilan keputusan yang dilakukan oleh akseptor dengan berkonsultasi dengan bidan tidak sama dengan yang dilakukan oleh metode profil matching, dan pembobotan nilai dari masing masing alternatif kontrasepsi yang sedikit kurang sesuai. Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Algoritma C4.5, Metode Profile Matching, Kontrasepsi, Keluarga Berencana

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 14 Jun 2024 08:37
Last Modified: 14 Jun 2024 08:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18402

Actions (login required)

View Item View Item