PERSEPSI DAN PARTISIPASI ANGGOTA KTH GUNUNG BUNGKUK DALAM PENYELENGGARAAN PROGRAM HKM DI KECAMATAN PAGAR JATI KABUPATEN BENGKULU TENGAH.

Daniel, Gultom and Siswahyono, Siswahyono and Wiryono, Wiryono (2022) PERSEPSI DAN PARTISIPASI ANGGOTA KTH GUNUNG BUNGKUK DALAM PENYELENGGARAAN PROGRAM HKM DI KECAMATAN PAGAR JATI KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI Daniel Gultom.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Persepsi dan Partisipasi Anggota KTH Gunung Bungkuk dalam Penyelenggaraan Program HKm di Kecamatan Pagar Jati Kabupaten Bengkulu Tengah. (Daniel Gultom, di bawah bimbingan Siswahyono, S.Hut., MP dan Dr. Ir. Wiryono, M.Sc.) Berdasarkan statusnya hutan terbagi menjadi hutan negara dan hutan hak. Hutan negara adalah hutan yang berada pada tanah yang tidak dibebani hak atas tanah, hutan negara dapat berbentuk hutan adat, hutan desa, dan hutan kemasyarakatan. Hutan Kemasyarakatan merupakan suatu hutan negara yang diberikan kepada masyarakat yang bermukim di sekitar hutan untuk mengelola dan memanfaatkan segala hasil yang terdapat di dalam kawasan hutan tersebut. Hutan kemasyarakatan adalah salah satu program pemerintah yang diharapkan mampu memberikan kesejahteraan kepada masyarakat yang bermukim di dalam hutan. Desa Karang Are yang berada di Kecamatan Pagar Jati Kabupaten Bengkulu Tengah merupakan salah satu desa yang letaknya berbatasan dengan Hutan Lindung Bukit Daun. Mayoritas pencaharian masyarakat di Desa Karang Are bersumber dari hasil pertanian. Di desa ini terdapat kelompok tani hutan yaitu Kelompok Tani Hutan Gunung Bungkuk. Saat ini, pengelolaan yang dilakukan oleh KTH Gunung Bungkuk terhadap Hkm masih kurang maksimal sehingga manfaat yang mereka dapatkan kurang optimal. Berdasarkan pada hal-hal tersebut di atas, maka dipandang perlu untuk dilakukan penelitian mengenai sejauh mana tingkat persepsi dan partisipasi kelompok tani dalam pengelolaan Hutan Kemasyarakatan di Desa Karang Are yang berada di Kecamatan Pagar Jati Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengambilan data langsung di lapangan. Sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling dengan jumlah responden yaitu 28 orang. Data yang diperoleh berdasarkan wawancara langsung kepada responden. Wawancara di lapangan dilakukan dengan daftar pertanyaan yang telah disiapkan dalam bentuk kuesioner dengan kriteria, aspek kajian dan parameter yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian dianalisis dengan metode kualitatif berupa uraian-uraian kalimat dan metode kuantitatif yang dinyatakan dalam bentuk angka. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Persepsi Anggota KTH Gunung Bungkuk dalam Penyelenggaraan Program HKm di Kecamatan Pagar Jati Kabupaten Bengkulu Tengah sangat baik dengan total skor 1280. Partisipasi Anggota KTH Gunung Bungkuk dalam Penyelenggaraan Program HKm di Kecamatan Pagar Jati Kabupaten Bengkulu Tengah sangat baik. Untuk total skor partisipasi dalam pengelolaan HKm, skor yang didapat sebesar 214. Untuk total skor partisipasi pengawasan dan evaluasi anggota KTH dalam pelaksanaan kegiatan HKm sebesar 227. Untuk total skor partisipasi anggota KTH dalam Perlindungan Hutan sebesar 364

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 19 Jun 2024 03:15
Last Modified: 19 Jun 2024 03:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18410

Actions (login required)

View Item View Item