ANALISIS TEGANGAN TEMBUS PADA MINYAK KEDELAI DENGAN PENAMBAHAN ANTIOKSIDAN BUTYLATED HYDROXYANISOLE DAN FENOL SEBAGAI ALTERNATIF MINYAK ISOLASI TRANSFORMATOR

RIKA, ELVAN YULINDA and Yanolanda, Suzantry and Imanda, Priyadi (2023) ANALISIS TEGANGAN TEMBUS PADA MINYAK KEDELAI DENGAN PENAMBAHAN ANTIOKSIDAN BUTYLATED HYDROXYANISOLE DAN FENOL SEBAGAI ALTERNATIF MINYAK ISOLASI TRANSFORMATOR. Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Rika Elvan Yulinda - Rika Elvan Yulinda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Minyak kedelai dengan penambahan antioksidan butylated hydroxyanisole (BHA) dan FENOL dapat berpengaruh terhadap karakterisktik tegangan tembus pada minyak kedelai sebagai alternatif minyak isolasi transformator. Pengujian ini bertujuan untuk megevaluasi pengaruh penambahan antioksidan, dengan variasi penambahan BHA sebesar 2%, 3%, dan 4%, dan variasi penambahan FENOL sebesar 2%, 3%, dan 4%. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode sela bola tegangan tinggi AC dan jarak celah antar sela bola sebesar 2 mm, 2,5 mm, dan 3 mm. Sampel dipersiapkan dengan volume sebesar 500 ml. Pencampuran minyak kedelai dengan BHA dan FENOL dengan cara pemanasan dan pengadukan menggunakan magnetic stirrer, dan pengujian tegangan tembus menggunakat Analizer BA75. Dari hasil pengujian ini didapatkan VBD rata-rata minyak kedelai murni sebesar 8,0 kV pada jarak sela bola 2.5 mm. namun pada konsentrasi BHA 2% mendapatkan nilai tegangan tembusnya sebesar 8,3 kV mendapatkan peningkatan sebesar 0,3 kV, dari rata-rata minyak kedelai murni. Sedangkan pada konsentrasi 3% mendapatkan penurunan sebesar 0,9 kV, dan pada penambahan konsentrasi FENOL 2%, 3%, dan 4% selalu mengalami peningkatan terus. Pada tegangan tembus rata-rata tertinggi didapatkan pada penambahan 2% FENOL sebesar 9,3 kV atau meningkat sebesar 1,3 kV dari rata�rata minyak kedelai murni. Rata-rata VBD minyak kedelai murni yang menunjukan bahwa komposisi antioksidan terbaik didapat pada FENOL 2%. Kata Kunci : Butylate Hydroxyanisole, FENOL, Minyak Kedelai, Minyak Transformator, Tegangan Tembus.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 20 Jun 2024 01:05
Last Modified: 20 Jun 2024 01:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18440

Actions (login required)

View Item View Item