PENGARUH PERENDAMAN AIR REBUSAN DAUN BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi L.) TERHADAP OKSIDASI, DAYA BUIH DAN KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK TELUR AYAM RAS

Dina, Amelia and Suharyanto, Suharyanto and Desia, kaharuddin (2022) PENGARUH PERENDAMAN AIR REBUSAN DAUN BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi L.) TERHADAP OKSIDASI, DAYA BUIH DAN KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK TELUR AYAM RAS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI DINA AMELIA (E1C018045).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Telur merupakan,salah satu bahan pangan yang mudah mengalami kerusakan dan memiliki daya simpan yang singkat, yaitu selama 10-14 hari jika dibiarkan di udara yang terbuka tanpa adanya proses penanganan untuk mempertahankan kualitas telur. Salah satu cara untuk mencegah kerusakan telur adalah dengan pengawetan, yaitu merendam telur ke dalam air rebusan daun belimbing wuluh. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh perendaman telur ayam ras ke dalam air rebusan daun belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L.) terhadap tingkat oksidasi, daya buih dan karakteristik organoleptik telur ayam ras. Penelitian dilaksanakan 2 minggu pada tanggal 04 – 23 Maret 2022 bertempat di Laboratorium Peternakan Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan 3 ulangan. Perlakuan yang diterapkan adalah telur tanpa perendaman (P0), telur direndam ke dalam air biasa (P1), perendaman telur ke dalam air rebusan daun belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L.) selama 24 jam dengan konsentrasi berbeda yaitu 15% (P2), 30% (P3) dan 45% (P4). Pengukuran dan pengamatan dilakukan pada hari ke 10 dan 20 pasca perendaman. Data dianalisis menggunakan ANOVA dan uji lanjut DMRT dengan taraf signifikansi 0,05. Variabel pengamatan meliputi : Thiobarbituric Acid, Daya Buih, Kestabilan Buih dan Organoleptik telur ayam ras. Hasil analisis ragam menunjukkan bahwa perendaman telur ayam ras ke damam air rebusan daun belimbing wuluh pada level 15%, 30% dan 45% berpengaruh nyata terhadap oksidasi, menstabilkan daya buih, meningkatkan kestabilan buih, meningkatkan warna kuning telur, mengurangi bau amis tetapi tidak memperbaiki tekstur telur ayam ras. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perendaman telur ayam ras ke dalam air rebusan daun belimbing wuluh pada konsentrasi 30% mampu menekan oksidasi, menstabilkan daya buih, meningkatkan kestabilan buih serta mampu meningkatkan warna kuning telur mengurangi bau amis dan tidak memperbaiki tekstur telur ayam ras. (Program Studi Peternakan, Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 20 Jun 2024 04:44
Last Modified: 20 Jun 2024 04:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18480

Actions (login required)

View Item View Item