ANALISIS PELAYANAN JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS) DI RUMAH SAKIT dr. SOBIRIN KABUPATEN MUSI RAWAS

Chusnul Wahidah, St. Dati and Budiyono , Budiyono and Loesida , Roeliana (2010) ANALISIS PELAYANAN JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS) DI RUMAH SAKIT dr. SOBIRIN KABUPATEN MUSI RAWAS. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
BAB 1 DATI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (831kB)

Abstract

Di dalam upaya perbaikan pelayanan masyarakat, terutama dalam pelayanan kesehatan diperlukan kemudahan. Salah satunya kemudahan di dalam mendapatkan pelayanan kesehatan khususnya peserta Jamkesmas. Namun kenyataannya pelayanan kesehatan peserta Jamkesmas belum sepenuhnya baik. Dengan indikasi masih banyaknya keluhan dari peserta Jamkesmas, seperti : prosedur yang berbelit-belit, persyaratan yang tidak transparan sehingga peserta Jamkesmas harus bolak-balik untuk melengkapi syarat-syarat yang tidak pernah selesai, sikap petugas yang tidak ramah dan suasana yang tidak begitu nyaman ketika berobat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang pelayanan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) Di Rumah Sakit dr.Sobirin Kabupaten Musi Rawas. Adapun metode penelitian adalah kualitatif dengan metode deskriptif, dengan indikator pertama yaitu Standar pelayanan yang meliputi prosedur pelayanan, waktu penyelesaian sejak saat pengajuan permohonan sampai dengan selesai, biaya pelayanan termasuk rinciannya, dan produk pelayanan yang diberikan, dan indikator yang kedua Kualitas pelayanan yang meliputi keterandalan, kesigapan, sikap, dan nyata. Menentukan informan menggunakan teknik Purposive Sampling, dimana yang menjadi sampelnya 5 orang petugas/pegawai Rumah Sakir dr. Sobirin Kabupaten Musi Rawas dan 13 orang responden dari peserta pengguna layanan Jamkesmas, jadi total 18 orang. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa pelayanan Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS) yang diberikan oleh Rumah Sakit dr. Sobirin Kabupaten Musi Rawas berdasarkan indicator pertama yaitu standar pelayanan yang meliputi prosedur pelayanan adalah belum begitu sederhana dan masih dianggap rumit dan berbelit-belit, waktu pelayanan sejak saat pengajuan permohonan pelayanan dianggap masih sangat lamban dan cukup memakan waktu yang lama, biaya pelayanan termasuk rinciannya ada beberapa responden yang menyatakan ada biaya yang ditarik dengan alasan untuk melengkapi alat medice yang kurang, dan produk yang digunakan dalam pelayanan kesehatan di Rumah Sakit ini cukup baik. Sedangkan berdasarkan indikator yang kedua yaitu mengenai kualitas pelayanan yang meliputi keterandalan dalam memberikan pelayanan kesehatan dirasakan belum begitu baik, respon dalam pelayanan kurang begitu cepat dan tanggap, sikap yang dirasakan tidak begitu ramah bahkan terkadang cemberut dalam melayani pasien/peserta Jamkesmas serta kebersihan dan kenyamanan yang ada tidak begitu bersih sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman dalam pelayanan kesehatan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 22 Nov 2013 23:09
Last Modified: 22 Nov 2013 23:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1849

Actions (login required)

View Item View Item