RANCANG BANGUN PESAWAT AEROMODELLING BERTIPE HIGH WING

IBROHIM, IBROHIM and Agus, Suandi and Helmizar, Helmizar (2023) RANCANG BANGUN PESAWAT AEROMODELLING BERTIPE HIGH WING. Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi IBROHIM (G1C018020) - Ibrohim _.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pesawat aeromodelling merupakan pesawat tanpa awak yang berukuran kecil. Pada saat ini aeromodelling sudah dijadikan sebagai kegiatan dengan tujuan rekreasi (hiburan), hobi, edukasi, olahraga maupun bisnis. Di Bengkulu pun hobi tentang pesawat aeromodelling ini sendiri sifatnya masih jarang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perancangan dengan asumsi beban 1 kg dan pembuatan pesawat aeromodelling serta dapat mengetahui hubungan antara berat dan konsumsi energi yang dibutuhkan pesawat. Proses penelitian ini dibagi menjadi tiga. Proses pertama yaitu menentukan asumsi-asumsi awal, dimensi pesawat, dan konfigurasi pesawat. Proses kedua yaitu pembuatan gambar pesawat dalam aplikasi CAD dan proses pembuatan pesawat berdasarkan gambar CAD. Proses yang ketiga yaitu pengujian terbang pesawat yang dilakukan dengan penambahan beban 100 gram dalam pengujiannya. Dari ketiga proses tersebut diperoleh konfigurasi tractor (propeller di depan) dengan bentuk sayap persegi panjangdan posisi sayap pada bagian atas badan pesawat (high wing). Pesawat yang di bangun menggunakan bahan berupa Styrofoam padat (depron) dengan ketebalan 5mm pada bagian badan dan ekor pesawat serta 3mm untuk bagian luar sayap pesawat dan memiliki berat akhir 800 gram. Propeller yang digunakan pada penelitian ini yaitu 2 bilah dengan diameter dan pitch 10x5 in yang akan diputar menggunakan motor BLDC dengan nilai 1000KV dan menggunakan baterai Li-Po 3cell dengan kapasitas 2,2Ah. Proses pengujian dilakukan pada beban 800 gram, 900 gram, 100 gram, dan 1100 gram. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini berupa nilai depth of discharge (DOD) dan konsumsi daya rata-rata. Nilai Depth of Discharge baterai dan daya rata-rata yang diperlukan masing masing pengujian yaitu 0,070% dan 68,87 watt untuk 800 gram, 0,076% , 74,83 watt untuk 900 gram, 0,126% , 120.41 watt untuk 1000 gram, serta 0,136% dan 136,07 watt untuk 1100 gram. Nilai DOD dan daya rata-rata yang diperlukan pesawat akan naik seiring dengan bertambahnya beban pesawat. Kata kunci: aeromodelling, konsep perancangan pesawat, beban, depth of discharge, dan konsumsi daya rata-rata

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 24 Jun 2024 03:24
Last Modified: 24 Jun 2024 03:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18543

Actions (login required)

View Item View Item