PENGARUH PERLAKUAN ALKALI DAN FRAKSI VOLUME SERAT TERHADAP SIFAT FISIS DAN MEKANIS PAPAN KOMPOSIT BERPENGUAT SERBUK PURUN TIKUS (ELEOCHARIS DULCIS)

KURNIA, ADITYA SAPUTRA and Hendri, Hestiawan and Putra, Bismantolo (2023) PENGARUH PERLAKUAN ALKALI DAN FRAKSI VOLUME SERAT TERHADAP SIFAT FISIS DAN MEKANIS PAPAN KOMPOSIT BERPENGUAT SERBUK PURUN TIKUS (ELEOCHARIS DULCIS). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi_Kurnia Aditya Saputra_G1C018069 - kurnia Aditya Saputra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Perlakuan alkali (NaOH) dari serat alami adalah salah satu perlakuan kimia yang telah dikenal untuk meningkatkan kandungan selulosa melalui pengurangan hemiselulosa dan lignin. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perlakuan alkali dan fraksi volume serat terhadap sifat fisis dan sifat mekanis komposit papan partikel berpenguat serbuk purun tikus (Elecharis dulcis). Bahan yang digunakan pada penelitian ini yaitu serbuk purun tikus, resin, katalis dan air. Metode yang digunakan yaitu compression molding dimana papan partikel di kempa dengan tekanan 200 kg selama 20 menit dan didiamkan selama 1x24 jam. Metode pengujian dan standar sifat fisis (kerapatan, kadar air) dan mekanik (uji bending, uji tarik) mengacu pada SNI 03-2105-2006. Perlakuan alkali yang digunakan 5% dengan perendaman 1 jam, 2 jam dan tanpa perlakuan alkali. Perbandingan campuran dari serbuk purun tikus 50%, 60%, 70% dan 80% dan percampuran perekat urea formadehida dengan kosentrasi 0,5% dan air setengah dari resin yang digunakan. Hasil dari penelitian fisis pengujian kerapatan dan kadar air menunjukkan bahwa perlakuan alkali dapat meningkatkan sifat fisis dimana untuk nilai kerapatan nilai tertinggi didapat pada fraksi volume 50% sebesar dan terendah fraksi volume 80%. Hasil pengujian papan partikel pada pengujian bending pada variasi volume 50% dengan mendapatkan nilai tertinggi dan mendapatkan nilai terendah di fraksi volume 80%. Berdasarkan hasil pengujian komposit papan partikel dengan pengujian sifat fisis dan sifat mekanis dapat diperoleh hasil komposit papan partikel berpenguat serbuk purun tikus dengan pengaruh perlakuan alkali, perlakuan alkali 5% selama 1 jam, perlakuan alkali 5% selama 2 jam dan tanpa perlakuan alkali dengan fraksi volume 50%,60%,70% dan 80% pada umumnya sudah memenuhi SNI 03-2105-2006 untuk papan partikel . Kata Kunci :Serbuk purun tikus, Perlakuan alkali, Papan Partikel, Fraksi volume.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 24 Jun 2024 04:23
Last Modified: 24 Jun 2024 04:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18552

Actions (login required)

View Item View Item