PELAKSANAAN PENYELESAIAN SENGKETA BATAS TANAH KEBUN MELALUI LEMBAGO ADAT MENURUT HUKUM ADAT SERAWAI DI DESA LUBUK KEBUR KECAMATAN SELUMA KABUPATEN SELUMA

FENY, SEPTI GUNTARI and Subanrio, Subanrio and Adi, Bastian Salam (2023) PELAKSANAAN PENYELESAIAN SENGKETA BATAS TANAH KEBUN MELALUI LEMBAGO ADAT MENURUT HUKUM ADAT SERAWAI DI DESA LUBUK KEBUR KECAMATAN SELUMA KABUPATEN SELUMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI - FENY SEPTI GUNTARI - Feny Septi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu; (1) Untuk mengetahui proses penyelesaian sengketa batas tanah kebun melalui Lembago Adat menurut hukum adat Serawai di Kelurahan Lubuk Kebur Kecamatan Seluma. (2). Untuk mengetahui penerapan putusan adat penyelesaian sengketa batas tanah kebun melalui Lembago Adat menurut hukum adat Serawai di Kelurahan Lubuk Kebur Kecamatan Seluma. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan yakni pendekatan non doctrinal yaitu penelitian berupa studi-studi empiris untuk menemukan teori-teori mengenai proses terjadinya dan mengenai proses bekerjanya hukum didalam masyarakat atau sering disebut sosio legal research. Hasil Penelitian bahwa; (1). Proses penyelesaian sengketa batas tanah kebun melalui Lembago Adat menurut hukum adat Serawai di Kelurahan Lubuk Kebur Kecamatan Seluma, di selesaikan melalui sidang adat Lembago Adat Desa dengan 3 tahapan yakni tahap pemeriksaan, tahap penyelesaian, tahap pemberian putusan. (2). Penerapan putusan Adat penyelesaian sengketa batas tanah kebun melalui Lembago Adat menurut hukum adat Serawai di Kelurahan Lubuk Kebur Kecamatan Seluma, mempunyai dasar hukum yang konkret dan kuat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Secara yuridis dalam prakteknya keberadaan putusan Lembago Adat tetap diakui sepanjang masyarakat hukum adatnya telah diakui dan keberadaaan masyarakat adat tersebut diakui oleh negara Indonesia, dan persetujuan perdamaian itu sah apabila para pihak yang terlibat dalam proses penyelesaian sengketa batas tanah melalui Lembago Adat, sepakat untuk diselesaikan melalui sidang adat musyawarah mufakat Lembago Adat dan kedua belah pihak yang terlibat sengketa batas tanah bersedia mengikuti ketentuan peraturan yang berlaku dalam prosesi musyawarah mufakat Lembago Adat di Kelurahan Lubuk Kebur Kecamatan Seluma. Kata Kunci; Sengketa Batas Tanah , Lembago Adat, Hukum Adat Serawai.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 24 Jun 2024 05:16
Last Modified: 24 Jun 2024 05:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18556

Actions (login required)

View Item View Item