TINJAUAN KRIMINOLOGI TERHADAP TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN YANG DILAKUKAN OLEH SUAMI KEPADA ISTRINYA (TERHADAP PUTUSAN PERKARA NOMOR 13/PID.B/2022/PN PAGAR ALAM)

MITHA, DWI RAMADHINI and Agusalim, Agusalim and Benget, H.Simatupang (2023) TINJAUAN KRIMINOLOGI TERHADAP TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN YANG DILAKUKAN OLEH SUAMI KEPADA ISTRINYA (TERHADAP PUTUSAN PERKARA NOMOR 13/PID.B/2022/PN PAGAR ALAM). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI - MITHA DWI RAMADHINI - Mitha Dwi Ramadhini.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Dalam kasus ini pelaku dan korban merupakan suami istri. Dimana suami sebagai pelaku dan korbannya merupakan istrinya sendiri. Tindak pidana pembunuhan berencana diatur di dalam pasal 340 KUHP. Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yaitu faktor yang menyebabkan terjadinya tindak pidana pembunuhan yang dilakukan suami kepada istrinya dan upaya pencegahan tindak pidana pembunuhan yang dilakukan suami kepada istrinya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah jenis penelitian empiris yang diperoleh langsung dari data lapangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor-faktor apa yang menyebabkan terjadinya tindak pidana pembunuhan yang dilakukan suami terhadap istrinya di kota Pagar Alam yaitu, faktor masyarakat dalam lingkungan, faktor ekonomi, faktor pendidikan dan untuk mengetahui dan menjelaskan upaya preventif dan upaya reprresif yang dilakukan oleh aparat penegak hukum terhadap pelaku tindak pidana pembunuhan yang dilakukan suami terhadap istrinya di kota Pagar Alam. Pasal 340 KUHP harus diberlakukan seara efektif terhadap pelaku tindak pidana pembunuhan. Sehingga dapat memberikan efek jera, baik terhadap si pelaku maupun bagi masyarakat luas lainnya. Kata Kunci: Tindak pidana, Pembunuhan Berencana, upaya pencegahan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 24 Jun 2024 05:47
Last Modified: 24 Jun 2024 05:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18560

Actions (login required)

View Item View Item