IMPLEMENTASI KINERJA BANGUNAN GEDUNG LAYANAN TERPADU UNIVERSITAS BENGKULU AKIBAT GEMPA AKTUAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN ANALISA RESPON SEISMIK DI KOTA BENGKULU

Aminah, Aprilianti and Lindung, Zalbuin Mase and Hardiansyah, Hardiansyah (2023) IMPLEMENTASI KINERJA BANGUNAN GEDUNG LAYANAN TERPADU UNIVERSITAS BENGKULU AKIBAT GEMPA AKTUAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN ANALISA RESPON SEISMIK DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
[SKIRPSI] AMINAH APRILIANTI G1B019030 - Sahrul hari nugroho.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Gedung Layanan Terpadu Universitas Bengkulu terletak di Kota Bengkulu yang berada pada wilayah intesitas gempa tinggi di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja bangunan GLT terhadap gempa aktual yang pernah terjadi di Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan analisa respon seismik model Pressure Dependent Hyperbolic (PDH) dengan merambatkan gelombang gempa dari batuan dasar hingga permukaan. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari penelitian terdahulu meliputi perlapisan tanah, informasi batuan dasar, data struktur gedung dan data gelombang gempa. Hasil penelitian ini diperoleh nilai PGA setiap lapisan bervariasi dari 0,09-0,251g. PGA pada lapisan permukaan sebesar 0,251g dan PGA gelombang input sebesar 0,154g. Perbedaan ini menghasilkan pembesaran gelombang atau faktor amplifikasi sebesar 1,63. Percepatan spektra maksimum yang dihasilkan terjadi pada 0,2-0,4 detik maka kerusakan struktur dapat terjadi pada bangunan tingkat rendah hingga sedang. Parameter percepatan gempa lapisan pondasi berada, digunakan untuk memeriksa kinerja Gedung Layanan Terpadu. Respon Gedung ini sebelum dan sesudah diberikan beban gempa menunjukan kondisi aman dan 4 elemen struktur yang tidak aman. Elemen struktur yang tidak aman tersebut dapat dilakukan perbaikan dengan metode retrofitting. Perbaikan ini memerlukan biaya yang cukup besar dan sulit dilakukan, sehingga solusi yang mungkin diterapkan adalah mengurangi beban hidup. Kata-kata kunci : Respon seismik, PGA, faktor amplifikasi, percepatan spektra, metode elemen hingga.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:02
Last Modified: 26 Jun 2024 04:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18579

Actions (login required)

View Item View Item