ANALISIS PENYEBAB KETERLAMBATAN PADA PROYEK PENINGKATAN JALAN SMPN 1 – SAWAH KECAMATAN MUARA PINANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS (FTA)

Sherly, Dwi Suentika and Fepy, Supriani and Makmun, Reza Razali (2023) ANALISIS PENYEBAB KETERLAMBATAN PADA PROYEK PENINGKATAN JALAN SMPN 1 – SAWAH KECAMATAN MUARA PINANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS (FTA). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik.

[img] Archive (Thesis)
SHERLY G1B018047 Skripsi - Sherly Dwi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Acuan penting bagi pelaksana konstruksi yaitu jadwal pelaksanaan proyek konstruksi agar tidak terjadi keterlambatan namun keterlambatan pada proyek konstruksi masih terjadi sehingga dapat menyebabkan kerugian bagi kontraktor ataupun pemilik proyek. Salah satu proyek konstruksi yang mengalami keterlambatan yaitu Proyek Peningkatan Jalan SMPN 1 – Sawah Kecamatan Muara Pinang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penyebab keterlambatan dan mengetahui tingkat pengaruh keterlambatan terhadap jadwal pelaksanaan dengan mencari nilai laju kegagalan dan nilai reliabilities serta mencari solusi pencegahan untuk mengantisipasi keterlambatan pada proyek konstruksi lainnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu dengan menggunakan form kuisioner yang selanjutnya dilakukan analisis dengan metode Fault Tree Analysis (FTA) dan metode kuantitatif dengan menghitung nilai laju kegagalan dan reliabilities. Hasil penelitian dengan menggunakan form kuisioner diperoleh penyebab keterlambatan dari faktor bahan yaitu keterlambatan pengiriman bahan, faktor manusia atau pekerja yaitu kurangnya ketersediaan tenaga kerja, faktor alat dan mesin yaitu lokasi tempat perbaikan alat berat yang jauh dan faktor lingkungan yaitu terjadi hujan dengan intesnitas yang tinggi. Nilai laju kegagalan pekerjaan perkerasan berbutis lapis pondasi agregat tanpa penutup aspal yaitu 0.1235 dan nilai reliabilities yaitu 1.13, nilai laju kegagalan pada pekerjaan perkerasan berbutir lapis pondasi agregat kelas A yaitu 0.1765 dan nilai reliabilities yaitu 1.19, nilai laju kegagalan pekerjaan perkerasan aspal lapis pondasi AC – Base yaitu 0.1647 dan nilai reliabilities yaitu 1.18, nilai laju kegagalan pekerjaan perkerasan aspal lapis perekat yaitu 0.3294 dan nilai reliabilities yaitu 1.39, nilai laju kegagalan pekerjaan perkerasan berbutir lapis pondasi agregat tanpa penutup aspal yaitu 0.1647 dan nilai reliabilities yaitu 1.18. Solusi pencegahan dari penelitian yaitu lokasi quarry lebih dekat dengan lokasi, penmabahan jumlah tenaga kerja, mekanik alat berat tidak jauh dari lokasi dan melakukan sosisalisasi sebelum melaksanakan pekerjaan. Kata kunci : Keterlambatan, Proyek Konstruksi, Fault Tree Analysis (FTA), Laju kegagalan, Reliabilities

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:59
Last Modified: 27 Jun 2024 02:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18635

Actions (login required)

View Item View Item