TANGGUNG JAWAB PT. PERTAMINA (PERSERO) DALAM HAL TERJADI OVERMACHT PENDISTRIBUSIAN BAHAN BAKAR MINYAK PADA SPBU KOTA BENGKULU

SAMUEL, WIBAWANTONO SILABAN and Tito, sofyan and Ganefi, Ganefi (2023) TANGGUNG JAWAB PT. PERTAMINA (PERSERO) DALAM HAL TERJADI OVERMACHT PENDISTRIBUSIAN BAHAN BAKAR MINYAK PADA SPBU KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
samuel wibawantono,B1A017228 - samuel wibawan tono.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan perjanjian dalam hal terjadinya keterlambatan dalam proses pengiriman bahan bakar minyak dapat di sebabkan oleh faktor alam dan buatan yang berasal dari kelalaian manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dan pelaksanaan tanggung jawab oleh PT. Pertamina (Persero) dalam hal terjadi overmacht pendistribusian bahan bakar minyak dan hambatan pelaksanaan tanggung jawab PT. Pertamina (Persero) kepada SPBU Kota Bengkulu. Metode penelitian adalah penelitian hukum empiris, dengan menggunakan metode analisis kualitatif. Kesimpulan dari penelitian adalah: (1) tanggung jawab dalam hal terjadi overmacht pendistribusian bahan bakar minyak, sebagaimana mengacu perjanjian dari beberapa kejadian yang di alami SPBU yaitu overmacht absolut dan relatif. Overmacht absolut dalam keadaan memaksa apabila pemenuhan prestasi itu tidak mungkin di laksanakan oleh depot PT. Pertamina (Persero) Kota Bengkulu dalam proses pendistribusian bahan bakar minyak dikarenakan adanya faktor bencana alam, cuaca, keadaan kahar maupun aktifitas unjuk rasa, sedangkan overmacht relatif keadaan memaksa yang apabila pihak depot PT. Pertamina (Persero) Kota Bengkulu masih dapat melakukan pendistribusian bahan bakar minyak, dengan ini PT. El Nusa Petrofin Kota Bengkulu selaku distributor yang melakukan tanggung jawab. Tanggung jawab yang di lakukan adalah konfirmasi kendala kepada depot PT. Pertamina (Persero) hal ini supaya dapat mengkonfirmasi keterlambatan kepada SPBU tujuan (2) hambatan pelaksanaan tanggung jawab PT. Pertamina (Persero) kepada SPBU adalah kerusakan kendaraan mesin mobil tangki dan kebocoran tangki penyimpanan yang lama dalam proses perbaikan, sedangkan kerusakan kendaraan mesin mobil tangki yang melewati masa asuransi sehingga membutuhkan unit kendaraan mobil tangki yang baru dari pihak PT. El Nusa Petrofin Pusat. Kata Kunci : Tanggung Jawab, Pendistribusian, Overmacht.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 01 Jul 2024 04:07
Last Modified: 01 Jul 2024 04:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18698

Actions (login required)

View Item View Item