PERJANJIAN KERJASAMA DISTRIBUTOR TERHADAP PEDAGANG DALAM KEGIATAN PERDAGANGAN BUAH SEGAR DI KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH

TRY, YOGA PARZA and Edi, Hermansyah and DIMAS, DWI ARSO (2023) PERJANJIAN KERJASAMA DISTRIBUTOR TERHADAP PEDAGANG DALAM KEGIATAN PERDAGANGAN BUAH SEGAR DI KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI - TRY YOGA PARZA (B1A016005) - Try yoga Parza.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan aktivitas bisnis di Indonesia belakangan ini semakin pesat, termasuk dalam bisnis perdagangan seperti buah-buahan. Buah-buahan memiliki nilai gizi yang penting untuk kesehatan dan menjadi kebutuhan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perjanjian jual beli antara distributor dan pedagang buah segar di Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi dalam perjanjian tersebut dan menganalisis metode yang digunakan dalam pelaksanaan perjanjian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Responden penelitian meliputi distributor dan pedagang buah segar yang melakukan perjanjian jual beli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perjanjian jual beli antara distributor dan pedagang dilakukan secara lisan. Para pihak melakukan perjanjian ini berdasarkan saling kenal dan kepercayaan. Namun, dalam melaksanakan perjanjian antara distributor terhadap pedagang, adanya suatu permasalahan atau suatu ingkar janji (wanprestasi). Distributor berjanji untuk menggantikan buah yang sudah busuk dengan uang, namun pembayaran seringkali ditunda. Permasalahan atau perselisihan yang ada tersebut tentu adanya upaya penyelesaian. Penyelesaian permasalahan tersebut yakni pihak distributor mendatangi pihak pedagang untuk melakukan musyawarah dan meminta toleransi pembayaran. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami masalah dan kendala dalam perjanjian jual beli buah segar. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan bagi distributor dan pedagang buah untuk meningkatkan efektivitas perjanjian dan mengatasi masalah yang muncul, seperti menentukan mekanisme pembayaran yang tepat dan memperbaiki sistem pembayaran buah busuk yang dilakukan selama ini. Kata Kunci : Distributor, Perjanjian, Wanprestasi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 03 Jul 2024 02:38
Last Modified: 03 Jul 2024 02:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18727

Actions (login required)

View Item View Item