PERJANJIAN KERJASAMA BISNIS ANTARA PT. TELKOM INDONESIA DAN PT. TELKOM AKSES DALAM RANGKA PEMASANGAN JARINGAN INTERNET DI BENGKULU

Arif, Purnama Suryawansya and Edytiawarman, Edytiawarman and Rahma, Fitri (2023) PERJANJIAN KERJASAMA BISNIS ANTARA PT. TELKOM INDONESIA DAN PT. TELKOM AKSES DALAM RANGKA PEMASANGAN JARINGAN INTERNET DI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi Arif Purnama Suryawansya (B1A019058) - Arif Purnama Suryawansya.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Kerjasama didalam bisnis adalah suatu usaha bersama antara orang perseorangan atau kelompok untuk mencapai suatu tujuan bersama dalam mendapatkan laba atau keuntungan. Dalam dunia bisnis kerjasama sering disebut dengan kemitraan. Salah satu kerjasama didalam bisnis dapat dilihat antara PT. Telkom Indonesia dan PT. Telkom Akses yang termuat didalam perjanjian kerjasama bisnis pemasangan jaringan internet di Bengkulu guna meningkatkan kualitas layanan internet pada era digital. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui dan menjelaskan perjanjian kerjasama bisnis antara PT. Telkom Indonesia dan PT. Telkom Akses dalam rangka pemasangan jaringan internet di Bengkulu. (2) Mengetahui dan menjelaskan penyelesaian sengketa dalam pelaksanaan perjanjian kerjasama antara PT. Telkom Indonesia dan PT. Telkom Akses dalam rangka pemasangan jaringan internet di Bengkulu. Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni metode penelitian hukum empiris bersifat deskriptif, jenis pendekatan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Perjanjian kerjasama bisnis antara PT. Telkom Indonesia dan PT. Telkom Akses sudah berjalan sebagaimana mestinya dengan menggunakan pola joint operational, akan tetapi didalam pelaksanaanya masih kerap kali mengalami kendala yang berdampak pada pihak-pihak yang terlibat, seperti pemutusan hubungan kerja, kehilangan pelanggan pengguna produk Indihome, berkurangnya kesempatan dan pendapatan yang dimiliki oleh PT. Telkom Akses. (2) Penyelesaian sengketa yang dilakukan oleh PT. Telkom Indonesia dan PT. Telkom Akses dalam perjanjian kerjasama pemasangan jaringan internet di Bengkulu dilakukan melalui jalur non-litigasi atau ADR (Alternatif Dispute Resolution) dengan mengutamakan musyawarah atau negoisasi. Kata Kunci: Perjanjian Kerjasama, Jaringan Internet, Penyelesaian sengketa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 03 Jul 2024 04:14
Last Modified: 03 Jul 2024 04:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18739

Actions (login required)

View Item View Item