PELESTARIAN TARI ANDUN SEBAGAI PERLINDUNGAN EKSPRESI BUDAYA TRADISIONAL BERDASARKAN UNDANG�UNDANG PEMAJUAN KEBUDAYAAN DI DESA SUKA NEGERI KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Muhammad, Awalli Hafidh Haryanto and Edi, Hermansyah and Rahma, Fitri (2023) PELESTARIAN TARI ANDUN SEBAGAI PERLINDUNGAN EKSPRESI BUDAYA TRADISIONAL BERDASARKAN UNDANG�UNDANG PEMAJUAN KEBUDAYAAN DI DESA SUKA NEGERI KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
CD SKRIPSI MUHAMMAD AWALLI HAFIDH HARYANTO B1A018018 - Muhammad Awalli Hafidh Haryanto.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tari andun merupakan salah satu peninggalan Ekspresi Budaya Tradisional (EBT) oleh masyarakat Suku Serawai di Kabupaten Bengkulu Selatan yang hampir punah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelestarian tari andun di Desa Suka Negeri Kabupaten Bengkulu Selatan dan Upaya apa yang telah dilakukan pemerintah dalam melakukan upaya pelestarian tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan masyarakat dan pemerintah dalam menjaga pelestarian tari andun. Jenis penelitian menggunakan penelitian hukum empiris yang diperlukan untuk mengkaji secara luas tentang gambaran umum, hukum, kebudayaan, sejarah, seta kehidupan sosial. Data yang diperoleh menggunakan metode wawancara dan pengumpulan data sekunder, dokumentasi, observasi, penyajian data, serta kesimpulan. Responden terdiri atas Kepala Bidang Kebudayaan DIKBUD Kabupaten Bengkulu Selatan, Kepala Desa Suka Negeri, Ketua BMA Kabupaten Bengkulu Selatan, serta Masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan pelestarian tari andun di Desa Suka Negeri yang dilakukan oleh masyarakat. Dalam upaya pelestarian, terdapat faktor yang menjadi penghambat dalam pelestariannya, yakni faktor sumber daya, pengetahuan dan ekonomi. Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan mengatur kewajiban Pemerintah dalam melakukan upaya Pelestarian terhadap obyek kebudayaan. Ditinjau dari Pasal-Pasal dalam Undang-Undang tersebut, terdapat beberapa pasal yang sudah terealisasikan dan terdapat beberapa pasal yang belum terealisasikan dalam memenuhi tugas dan kewajiban pemerintah. Masyarakat dan Pemerintah telah melakukan beberapa upaya untuk melestarikan tari andun tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:43
Last Modified: 10 Jul 2024 04:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18875

Actions (login required)

View Item View Item