PENGELOLAAN PASAR DESA DI DESA TELADAN KECAMATAN CURUP SELATAN KABUPATEN REJANG LEBONG BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA

AJI, KURNIAWAN and Edra, Satmaidi and Ari, Wirya Dinata (2023) PENGELOLAAN PASAR DESA DI DESA TELADAN KECAMATAN CURUP SELATAN KABUPATEN REJANG LEBONG BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI_AJI KURNIAWAN_B1A018178 - Aji Kurniawan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Pengelolaan pasar desa merupakan salah satu bentuk kewenangan lokal berskala desa yang harus dibentuk berdasarkan Peraturan Desa. Akan tetapi dalam pelaksanaannya terdapat pasar desa yang beroperasi tanpa berlandaskan peraturan desa, salah satunya adalah pasar desa di Desa Teladan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan kewenangan desa dalam pengelolaan pasar desa di Desa Teladan Kabuputen Rejang Lebong serta hambatan bagi pemerintah Desa Teladan dalam pelaksanaan kewenangan pengelolaan pasar desa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris. Analisis data dilakukan secara yuridis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama pelaksanaan kewenangan pengelolaan pasar desa di Desa Teladan tidak berjalan sebagaimana dalam Undang-Undangan Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa dan peraturan pelaksanaan di bawahnya mengatur pasar desa. Kedua hambatan bagi pemerintah desa adalah dari faktor regulasi, faktor sumber daya manusia, serta faktor minimnya peran Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Rejang lebong dalam pembinaan dan pengawasan terhadap pengelolaan pasar desa di Desa Teladan. Kata Kunci : Pengelolaan, Pasar Desa Teladan, Undang-Undang Desa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:02
Last Modified: 15 Jul 2024 04:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/18974

Actions (login required)

View Item View Item