STUDI DESKRIPTIF PROSES IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI KELAS IV SDN 3 REJANG LEBONG BENGKULU

Agustiandi,, Ilham Rizki and Lukman, Lukman and Resnani, Resnani (2022) STUDI DESKRIPTIF PROSES IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI KELAS IV SDN 3 REJANG LEBONG BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi IlhamRizki A. (A1G017016).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru PAI, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam proses perencanaan guru telah merancang RPP yang sesuai dengan Permendikbud No. 22 Tahun 2016, namun belum mencantumkan materi pokok dan instrumen penilaian keterampilan. Pada kegiatan pendahuluan guru telah menyiapkan siswa dan menyampaikan tujuan pembelajaran, namun guru belum mengaitkan pembelajaran sebelumnya. Pada kegiatan inti guru telah menerapkan pendekatan Scientific, yaitu kegiatan mengamati, menanya, mencoba, mengolah data, dan mengkomunikasikan. Pada kegiatan penutup guru telah memberikan refleksi dan mengevaluasi pembelajaran. Pada kegiatan evaluasi guru telah menilai sikap, pengetahuan dan keterampilan. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat kelebihan dan kekurangan dalam proses pelaksanaan PAI di Sekolah Dasar Negeri 3 Rejang Lebong. Kata Kunci: Implementasi, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, PAI

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:06
Last Modified: 18 Jul 2024 02:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19016

Actions (login required)

View Item View Item