ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PADA INDUSTRI SIRUP KALAMANSI “SEGAR ASRI” KOTA BENGKULU MENGGUNAKAN METODE IPA (IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS)

Rahel, Salandofa Sinaga and Hidayat, Koto and Damres, Uker (2022) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PADA INDUSTRI SIRUP KALAMANSI “SEGAR ASRI” KOTA BENGKULU MENGGUNAKAN METODE IPA (IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI RAHEL SALAN DOFA SINAGA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Bengkulu merupakan Kota Agraris yang memiliki potensi kekayaan alam yang melimpah, salah satunya adalah tanaman jeruk kalamansi. Umumnya, sirup kalamansi dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bengkulu. Pembuatan sirup kalamansi dilakukan dengan berbagai proses pengolahan seperti sortasi, pencucian, pengekstraksian jeruk kalamansi, penyaringan, pemasakan campuran ekstrak jeruk kalamansi dan gula pasir, hingga pengemasan. Suatu industri dapat bertahan dengan cara setiap produsen harus mengeluarkan seluruh strategi dan kemampuan untuk menghasilkan produk yang inovatif sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan atribut yang menjadi pertimbangan utama pembelian, menentukan tingkat kepuasan konsumen, dan mendapatkan peta atribut produk pada industri sirup kalamansi “Segar Asri” Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Jumlah untuk pengisian kuesioner awal sebanyak 25 responden sedangkan jumlah untuk pengisian kuesioner utama sebanyak 100 responden. Pada kuesioner awal, data diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas untuk menentukan atribut yang valid dan reliabel yang digunakan untuk kuesioner utama selanjutnya data dianalisis menggunakan metode IPA (Importance Performance Analysis) dan dilanjutkan analisis tingkat kepuasan menggunakan metode CSI (Customer Satisfaction Index). Hasil analisis Tingkat Kesesuaian antara tingkat kepentingan dan tingkat kinerja menunjukkan bahwa atribut merek produk menjadi pertimbangan utama dalam pembelian sirup kalamansi “Segar Asri”. Indeks kepuasan konsumen diperoleh atribut produk sirup kalamansi “Segar Asri” termasuk ke dalam kriteria sangat puas, serta berdasarkan diagram IPA perbaikan atribut sirup kalamansi “Segar Asri” yaitu kesesuaian rasa, promosi, aroma, variasi bentuk dan ukuran kemasan, dan ketahanan kemasan botol.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:18
Last Modified: 18 Jul 2024 02:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19021

Actions (login required)

View Item View Item