PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DANHASIL BELAJAR SISWA (PTK Pada Pembelajaran Tematik Kelas III SDN 32 Bengkulu Selatan)

Herleni, Kartika and Victoria, Karjiyati and Irfan, Supriatna (2022) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DANHASIL BELAJAR SISWA (PTK Pada Pembelajaran Tematik Kelas III SDN 32 Bengkulu Selatan). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_KartikaHerleni_013.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Discovery Learning, menganalisis motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas III SDN 32 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini guru dan siswa kelas III SDN 32 Bengkulu Selatan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar tes dan angket. Teknik analisis data observasi dan angket menggunakan rumus nilai rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran nilai untuk setiap kriteria. Data hasil belajar siswa menggunakan rumus rata-rata dan ketuntasan belajar. Hasil rata-rata motivasi belajar siswa siklus I kategori baik meningkat pada siklus II yaitu dengan kategori sangat baik. Sejalan dengan itu, rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh kategori baik meningkat menjadi sangat baik pada siklus II. Kesimpulan penerapan model Discovery Learning pada pembelajaran Tematik dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III SDN 32 Bengkulu Selatan. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 18 Jul 2024 08:31
Last Modified: 18 Jul 2024 08:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19051

Actions (login required)

View Item View Item