PENGARUH KONEKSI POLITIK TERHADAP PERSISTENSI LABA DENGAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019)

Armalia Safitri, Dewi and Eddy, Suranta and Fahruzzaman, Novitasari (2021) PENGARUH KONEKSI POLITIK TERHADAP PERSISTENSI LABA DENGAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Dewi Armalia C1C017046..pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan bukti secara empiris Pengaruh Koneksi Politik terhadap Persistensi Laba dengan Kepemilikan Institusional sebagai Variabel Moderasi. Persistensi laba dalam penelitian ini diukur dengan slope koefisien hasil regresi laba sekarang pada laba masa depan menggunakan Model Tee & Rasiah. Koneksi politik diproksikan dengan dewan komisaris independen, direktur independen, dan komite audit dengan menggunakan variabel dummy. Kepemilikan institusional diukur dengan menghitung jumlah saham yang dimiliki institusi dibagi dengan jumlah saham yang beredar. Penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi berganda dengan program SPSS versi 22. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017 2019. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purpossive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 604 observasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perusahaan yang memiliki koneksi politik tidak berpengaruh terhadap persistensi laba dan juga kepemilikan institusional tidak memoderasi pengaruh koneksi politik terhadap persistensi laba. Implikasi penelitian ini adalah memberikan informasi teoritis mengenai teori agensi yang di dalamnya terdapat masalah keagenan yang dapat menyebabkan terjadinya konflik kepentingan antar para pemangku kepentingan sehingga dibutuhkanlah biaya monitoring untuk meminimalisir konflik keagenan. Bagi perusahaan non keuangan dan penelitian selanjutnya, penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tambahan dan pemahaman mengenai apa saja yang dapat menyebabkan rendah atau tingginya persistensi laba khususnya adanya koneksi politik. Bagi manajemen harus tetap mengedepankan kepentingan stakeholder dengan menyajikan laporan keuangan yang sebenar-benarnya sebagai bentuk pelaporan keuangan yang berkualitas dan berorientasi pada persistensi laba yang baik. Keterbatasan penelitian ini yaitu sumber informasi mengenai koneksi politik pemegang kepentingan yang dimiliki perusahaan hanya diperoleh melalui

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 19 Jul 2024 09:40
Last Modified: 19 Jul 2024 09:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19084

Actions (login required)

View Item View Item