STUDI DESKRIPTIF PELAKSANAAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN MODEL AKTUALISASI DI SD NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Dewi, Marina Santika and Lukman, Lukman and Herman, Lusa (2022) STUDI DESKRIPTIF PELAKSANAAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN MODEL AKTUALISASI DI SD NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Marina Santika Dewi - A1G018076 - PGSD .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan kepramukaan model aktualisasi dan faktor yang mendukung pelaksanaan pendidikan kepramukaan. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif dengan Metode Penelitian yaitu Penelitian Kualitatif. Subjek penelitian Kepala Sekolah, guru, dan pembina pramuka, dan pelaksanaan pendidikan kepramukaan model aktualisasi, serta sarana dan prasarana. Fokus penelitian ini adalah pelaksanaan model aktualisasi di kelas 4,5, dan 6. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui Data Collection, Data Display, Data Condensation, Conclusion Drawing/Verification. Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan pendidikan kepramukaan dan faktor pendukung pelaksanaan pendidikan kepramukaam. Pelaksanaan meliputi perencanaan, proses, dan evaluasi. Perencanaan meliputi identitas rencana membina, materi pembelajaran. Proses terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Faktor pendukung pelaksanaan meliputi pengelola kegiatan ekstrakulikuler, dan daya dukung keterlaksanaan. Pengelola kegiatan meliputi kompetensi kepala sekolah, guru, dan pembina pramuka. Daya dukung keterlaksanaan pendidikan kepramukaan meliputi pengembangan dsan penyegaran kompetensi pengelola, pemenuhan sumber belajar, dukungan biaya, dan pemenuhan sarana dan prasarana. Kesimpulan pelaksanaan pendidikan kepramukaan sudah berjalan tetapi belum mengaitkan ke dalam KI dan KD dalam mata pelajaran, kompetensi yang dimiliki kamabigus, guru kelas, dan pembina pramuka sudah sesuai dengan Panduan ekstrakulikuler pendidikan kepramukaan, dan sarana dan prasarana yang sudah lengkap tetapi harus ditambah untuk menunjang pelaksanaan pendidikan kepramukaan lebih baik lagi. Kata kunci : Pendidikan Kepramukaan, Model Aktualisasi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:38
Last Modified: 22 Jul 2024 02:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19088

Actions (login required)

View Item View Item