PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) BERBANTUAN GAME EDUCANDY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI 87 KOTA BENGKULU

Ginting, Miranda Pebriana Br and Dalifa, Dalifa and Neza, Agusdianita (2022) PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) BERBANTUAN GAME EDUCANDY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI 87 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI MIRANDA PEBRIANA BR GINTING (A1G017044).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Teams Games Tournamen (TGT) berbantuan Game Educandy untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 87 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada penelitian ini yang menjadi subjek adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 87 Kota Bengkulu. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi. Teknik analisis data observasi menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran nilai setiap kriteria. Teknik analisis data tes menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan: penerapan model Teams Games Tournamen (TGT) berbantuan Game Educandy terdiri dari lima tahapan yaitu 1) tahap penyajian kelas, 2) belajar dalam kelompok, 3) permainan (game) dengan Game Educandy, 4) pertandingan (tournament) dengan Game Educandy, 5) penghargaan kelompok, peningkatan aktivitas pembelajaran yaitu: 1) Aktivitas guru pada siklus I, rata-rata 53 kategori baik (B), meningkat pada siklus II, rata-rata 70,5 kategori sangat baik (SB), 2) Aktivitas siswa pada siklus I, rata-rata 49 kategori cukup (C), meningkat pada siklus II, rata-rata 68 kategori sangan baik (SB), dan Hasil belajar siklus I, Bahasa Indonesia ketuntasan belajar 50% dengan rata-rata 70,4, IPA ketuntasan belajar 50% dengan rata-rata 64, dan IPS ketuntasan belajar 42,85% rata-rata 64,46, meningkat pada siklus II, Bahasa Indonesia ketuntasan belajar 92,86% dengan rata-rata 83,57, IPA memperoleh ketuntasan belajar 92,86% dengan rata-rata 80, dan IPS ketuntasan belajar 92,86% dengan rata-rata 79,04. Jadi, disimpulkan bahwa penerapan model Teams Games Tournamen (TGT) berbantuan Game Educandy dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 87 Kota Bengkulu. Kata kunci: Teams Games Tournamen, TGT, Game Educandy, Aktivitas, dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 22 Jul 2024 07:52
Last Modified: 22 Jul 2024 07:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19108

Actions (login required)

View Item View Item