ANALISIS PRODUKSI DAN PEMASARAN GULA KELAPA DI PROVINSI BENGKULU

Diansana, Putri and Ketut, Sukiyono and M. Mustopa, Romdhon (2022) ANALISIS PRODUKSI DAN PEMASARAN GULA KELAPA DI PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
FULL SKRIPSI DIANSANA PUTRI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1) Menganalisis produksi gula kelapa di Provinsi Bengkulu yang terletak di Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Seluma. 2) Menganalisis faktor yang mempengaruhi produksi gula kelapa di Provinsi Bengkulu yang terletak di Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Seluma. 3) Menganalisis saluran pemasaran gula kelapa di Provinsi Bengkulu yang terletak di Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Seluma. 4) Menganalisis efisiensi pemasaran dan margin pemasaran gula kelapa di Provinsi Bengkulu yang terletak di Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Seluma. Penentuan lokasi pada penelitian dilaksanakan secara terencana (purposive) yaitu di Provinsi Bengkulu yang terletak di Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Seluma pada 8 September 2021 – 31 Oktober 2021. Dengan pertimbangan bahwa daerah tersebut sebagai sentra usaha gula kelapa di Provinsi Bengkulu. Metode penentuan sampel ialah dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling (SRS), sehingga setiap bagian dalam populasi mempunyai peluang yang sama untuk terpilih menjadi anggota sampel. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis fungsi produksi Cobb￾Douglass. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Produksi gula kelapa yang dihasilkan di Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Seluma rata-rata sebanyak 18,85 kg/produksi dengan rata-rata harga Rp. 15.783,33/kg. Besar biaya produksi gula kelapa di Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Seluma setiap satu kali produksi yaitu sebesar Rp. 95.198,14 (biaya variabel Rp. 78.975,58 dan biaya tetap Rp. 16.222,56) dan penerimaan sebesar Rp. 190.008,76. 2) Faktor yang sangat mempengaruhi gula kelapa yaitu nira (X1). Faktor-faktor yang tidak berpengaruh signifikan terhadap produksi gula kelapa yaitu tenaga kerja (X2), dan biaya bahan penolong (X3). Sehingga didapat persamaan lnY = 0,8454 + 0,9960lnNr + 0,5279Tk + 0,6335lnBp + e. 3) Pola saluran pemasaran gula kelapa di Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Seluma terbagi menjadi 3 pola yaitu : 1. Pengrajin – pengepul – konsumen, 2. Pengrajin – pengecer – konsumen, dan 3. Pengrajin – pengepul – pengecer – konsumen. 4) Industri gula kelapa di Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Seluma mempunyai nilai efisiensi lebih dari 50%, sehingga dapat dikatakan bahwa industri gula kelapa ini telah efisien. Dilihat nilai efisiensi melalui nilai farmer’s share dari masing-masing saluran yang terbesar hingga terkecil berturut-turut dimulai dari saluran pemasaran (2) sebesar 94,44%, saluran pemasaran (1) sebesar 89,42% dan saluran pemasaran (3) sebesar 83,87%. Margin pemasaran gula kelapa di Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Seluma dari yang terbesar berturut-turut adalah saluran pemasaran (3) yaitu sebesar Rp. 2.904/kg, saluran pemasaran (1) sebesar Rp. 1.904/kg dan saluran pemasaran (2) sebesar Rp. 1.000/kg. Kata Kunci : Analisis Produksi, Pemasaran, Gula Kelapa di Provinsi Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 23 Jul 2024 02:23
Last Modified: 23 Jul 2024 02:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19120

Actions (login required)

View Item View Item