HUBUNGAN MODAL SOSIAL DENGAN PENDAPATAN RUMAH TANGGA NELAYAN (STUDI KASUS DI KAWASAN WISATA PANTAI TAPAK PADERI KOTA BENGKULU)

Ranti, Novpratiwi and Indra, Cahyadinata and Nusril, Nusril (2022) HUBUNGAN MODAL SOSIAL DENGAN PENDAPATAN RUMAH TANGGA NELAYAN (STUDI KASUS DI KAWASAN WISATA PANTAI TAPAK PADERI KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
RANTI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Masyarakat nelayan merupakan kelompok masyarakat yang hidup, tumbuh dan berkembang di kawasan pesisir atau wilayah pantai. Masyarakat nelayan hidup dengan menggantungkan kelangsungan hidup dengan mengelola potensi sumberdaya laut. Salah satu pantai di Kota Bengkulu adalah Pantai Tapak Paderi, Kelurahan Kebun Keling. Pantai Tapak Paderi ini mempunyai potensi laut yang cukup besar, dengan potensi yang dimilikinya, menyebabkan banyak masyarakat di daerah sekitar pantai yang bekerja sebagai nelayan, mereka adalah buruh nelayan dan nelayan tradisional individu maupun kelompok yang tidak memiliki alat produksi yang memadai. Modal sosial sangat berpengaruh di dalam masyarakat, hal itu merupakan sesuatu yang nyata dan mampu memberikan dampak cukup besar bagi masyarakat. Modal sosial terdiri dari beberapa indikator yaitu diantaranya kepercayaan, norma, dan jaringan sosial sehingga terbentuknya partisipasi terhadap organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat modal sosial yang ada pada masyarakat nelayan di kawasan wisata Tapak Paderi, mengetahui tingkat pendapatan rumah tangga pada nelayan di kawasan wisata Tapak Paderi Kota Bengkulu dan menganalisis hubungan antara modal sosial yang ada pada nelayan dengan pendapatan nelayan Tapak Paderi Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober￾November 2021. Penetapan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive sampling) di Kawasan Wisata Pantai Tapak Paderi Kelurahan Kebun Keling. Metode dalam penentuan sampel mengunakan konsep teori slovin , selanjutnya dilakukan teknik Proportional Stratified Random Sampling yaitu sebanyak 39 responden. Untuk mengetahui tingkat modal sosial yang ada pada masyarakat nelayan di kawasan wisata Tapak Paderi, mengetahui tingkat pendapatan rumah tangga pada nelayan di kawasan wisata Tapak Paderi Kota Bengkulu menggunakan Analisis Statistik Deskriptif dan untuk menganalisis hubungan antara modal sosial yang ada pada nelayan dengan pendapatan nelayan Tapak Paderi Kota Bengkulu menggunakan Analisis Rank Spearman. Hasil penelitian terhadap tingkat modal sosial yang dimiliki oleh nelayan dikawasan Tapak Paderi termasuk kedalam cukup tinggi, sedangkan tingkat pendapatan rumah tangga nelayan dikawasan Tapak Paderi yaitu sebesar Rp 3.082.998/bulan atau setara dengan Rp 1.541.499/orang perbulan. Hal ini termasuk dalam kategori kurang sejahtera jika dibandingkan dengan UMP Bengkulu Tahun 2022. Dan hubungan modal sosial dengan pendapatan rumah tangga nelayan adalah 0.542** dimana tingkat kekuatan hubungan (korelasi) adalah kuat. Kata Kunci: Modal Sosial, Pendapatan Rumah Tangga, Hubungan Modal Sosial dengan Pendapatan Rumah Tangga Nelayan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 23 Jul 2024 03:50
Last Modified: 23 Jul 2024 04:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19125

Actions (login required)

View Item View Item