STRATEGI PEMASARAN KOPI BUBUK MEREK ADINDA G19 PADA UKM KOPI BUBUK ADINDA G19 GROUP DI KOTA LUBUKLINGGAU

Barokah, Fitriana and Nusril, Nusril and Rahmi, Yuristia (2022) STRATEGI PEMASARAN KOPI BUBUK MEREK ADINDA G19 PADA UKM KOPI BUBUK ADINDA G19 GROUP DI KOTA LUBUKLINGGAU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI (BAROKAH FITRIANA) .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Salah satu kegiatan strategi pemasaran dalam suatu perusahaan adalah strategi segmenting, targeting, dan positioning. Dengan adanya strategi Segmenting, Targeting dan Positioning diharapkan perusahaan dapat membuka segmen pasar yang sebenarnya masih besar untuk menghindari persaingan yang sangat ketat. Tujuan dari penelitian ini, yaitu menganalisis strategi pemasaran UKM Kopi Bubuk Adinda G19 mencakupi; 1) Segmentasi pasar (segmenting) UKM Kopi Bubuk Adinda G19, 2) Pemilihan segmen pasar (targeting) UKM Kopi Bubuk Adinda G19, 3) Posisi bersaing (positioning) melalui bauran pemasaran unsur 4P (Product, Price, Place and Promotion) berdasarkan STP. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif, analisis kuantitatif dengan cara menggunakan analisis klaster (Cluster analysis), Tabulasi silang (crosstab) dan analisis korespondensi. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Segmentasi pasar (segmenting) berdasarkan wawancara dengan pemilik UKM Kopi Bubuk Adinda G19 menyatakan bahwa dalam menentukan segmen pasarnya, berdasarkan usia yaitu > 15 tahun, baik laki-laki maupun perempuan dari semua kalangan, mulai dari kalangan menengah ke bawah hingga menengah keatas. Wilayah untuk segmentasi dipilih Lubuklinggau, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Baturaja, Lahat, Sekayu, Jambi, Pekanbaru dan Bengkulu. Dan juga dipilih konsumen dengan gaya hidup penikmat dan pecinta kopi bubuk. Segmentasi pasar pada UKM Kopi Bubuk Adinda G19 berdasarkan data yang diolah dari hasil kuesioner terdapat 3 cluster, yaitu cluster 1 sebanyak 15,47%, cluster 2 sebanyak 48,45% dan cluster 3 sebanyak 36,08% 2) Penetapan segmen pasar (targeting), target pasar yang dipilih oleh pemilik UKM Kopi Bubuk Adinda G19 bahwa Target pasar dilihat dari segmen pasar yang paling banyak yaitu laki-laki, untuk usia target pasar dengan usia > 15 tahun, wilayah yang banyak penjualan yaitu Lubuklinggau dengan penghasilan tingkat perekonomian menengah kebawah serta menargetkan bagi penikmat dan pecinta kopi bubuk. Penetapan segmen pasar (targeting) UKM Kopi Bubuk Adinda G19 dari hasil wawancara bersama konsumen yaitu dari tiga segmen yang didapatkan dijadikan pasar sasaran dengan cara memasarkan dan menargetkan produk sesuai dengan kebutuhan konsumen dari setiap cluster, pada produk dengan kemasan 85 gram dapat ditujukan kepada konsumen pada cluster dua dan cluster tiga dan kemasan 160 gram ditargetkan kepada konsumen cluster satu., 3) Posisi bersaing (positioning) UKM Kopi Bubuk Adinda G19 pemilik UKM Kopi Bubuk Adinda G19 memiliki keunggulan yaitu memberikan harga yang murah kepada konsumennya dari produk pesaing dan juga keunggulan dari segi promosi UKM Kopi Bubuk Adinda G19 dilakukannya promosi secara fisik maupun melalui media sosial. Posisi bersaing (positioning) UKM Kopi Bubuk Adinda G19 berdasarkan hasil analisis korespondensi dapat disimpulkan bahwa UKM Kopi Bubuk Adinda G19 dibandingkan produk pesaing lainnya yaitu keunggulan pada kemasan yang digunakan menarik, kualitas produk yang diberikan lebih baik dibandingkan dengan produk pesaingnya dan UKM Adinda G19 lebih unggul dalam melakukan kegiatan promosi yaitu mempromosikannya secara langsung dan melalui media online. Kata Kunci: Segmenting, Targeting, Positioning, Kopi, UKM Kopi Bubuk Adinda 19

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 23 Jul 2024 04:48
Last Modified: 23 Jul 2024 04:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19128

Actions (login required)

View Item View Item