PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SDN 05 KOTA BENGKULU

Nisak, Septriana Choirotun and Sri, Dadi and Osa, Juarsa (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SDN 05 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI-SEPTRIANA CHOIROTUN NISAK-AIG018062.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran Tematik di kelas IV SDN 05 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasy esperiment) dengan desain penelitian adalah The Matching Only Pre Test-Post Test Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dengan sampel berdasarkan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes tertulis dengan teknik pengumpulan data dalam bentuk pretest dan posttest. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kuantitatif. Hasil analisis nilai posttest menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis (uji-t) dengan nilai pada mata pelajaran IPS thitung (3,703) > ttabel (1,670) dan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia thitung (3,736) > ttabel (1,670). Berdasarkan pengujian thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran Tematik di kelas IV SDN 05 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Pengaruh, Snowball Throwing, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2024 03:47
Last Modified: 24 Jul 2024 03:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19134

Actions (login required)

View Item View Item