ANALISIS INTEGRASI PASAR SPASIAL TELUR AYAM RAS DI INDONESIA

Elmei, Elmei and Andi, Irawan and Satria, Putra Utama (2022) ANALISIS INTEGRASI PASAR SPASIAL TELUR AYAM RAS DI INDONESIA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI ELMEI (E1D017029).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Telur ayam ras merupakan salah satu bahan pangan hewani yang berasal dari unggas yang memiliki kandungan gizi lengkap dan tidak sulit untuk diolah. Telur adalah sumber protein hewani selain daging, ikan, dan susu. Indonesia sendiri merupakan negara penghasil telur ayam ras terbesar ke-4 di dunia setelah China, Amerika Serikat dan India dengan jumlah produksi mencapai 4.688.121 Ton. Enam provinsi di Indonesia dengan jumlah produksi telur ayam ras terbesar pada tahun 2020 yaitu Jawa Timur, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Barat ,Sumatera Barat, dan Banten. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi spasial antar pasar telur ayam ras di Indonesia, menganalisis besarnya pengaruh suatu pasar terhadap pasar lainnya di setiap kawasan di Indonesia, serta untuk menganalisis pasar mana yang menjadi pasar pemimpin (Market Leader) di suatu kawasan. Penentuan lokasi dalam penelitian ini dilakukan secara sengaja atau porposive dengan pertimbangan pasar tersebut adalah pasar induk dan termasuk sentra penjualan telur ayam ras terbesar di provinsi tersebut. Jenis data yang di gunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang merupakan data deret waktu (time series) mingguan, dimana data bersumber dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS). Metode analisis yang digunakan adalah Vector Error Correction Model dan Variance Decomposition yang menggunakan aplikasi Eviews 10. Hasil dari uji kointegrasi pada lima kawasan di Indonesia menunjukkan bahwa pasar telur ayam ras di Indonesia sudah terintegrasi dengan tingkat integrasi yang rendah. Berdasarkan hasil uji Variance Decomposition menunjukkan bahwa pasar telur ayam ras disetiap kawasan di Indonesia saling mempengaruhi. Dan dari uji Variance Decomposition diketahui juga pasar yang menjadi pasar pemimpin (Market Leader) di setiap kawasan di Indonesia, dimana pasar yang menjadi Market Leader di kawasan Sumatera adalah pasar Arenka di kota Pekan Baru Provinsi Riau, pasar yang menjadi Market Leader di kawasan Jawa Bali dan Nusa Tenggara adalah pasar Kebon Reok di kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat, pasar yang menjadi Market Leader di kawasan Kalimantan adalah pasar Dahlia di kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat, pasar yang menjadi Market Leader di kawasan Sulawesi adalah pasar Kota di kota Kendari provinsi Sulawesi Tenggara, pasar yang menjadi Market Leader di kawasan Maluku dan Papua adalah pasar Sanggeng kabupaten Manokwari provinsi Papua Barat. Kata Kunci :Integrasi Spasial, Vektor Error Correction Model, Variance Decomposition

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 24 Jul 2024 03:03
Last Modified: 24 Jul 2024 03:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19136

Actions (login required)

View Item View Item