IMPLEMENTASI KARAKTER RELIGIUS DAN TOLERANSI SISWA KELAS V SD NEGERI 71 KOTA BENGKULU

Kurniani, Silvia and Bambang, Parmadie and Irfan, Supriatna (2022) IMPLEMENTASI KARAKTER RELIGIUS DAN TOLERANSI SISWA KELAS V SD NEGERI 71 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI PGSD SILVIA KURNIANI A1G017095.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk implementasi karakter religius dan toleransi siswa kelas V di SD Negeri 71 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat Kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa, Guru PAI serta Guru Kelas V. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik keabsahan data melalui triangulasi dan member check. Teknik analisis data: pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi, reduksi adalah proses merangkum. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat beberapa siswa tidak mengikuti kegitan berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, sholat dzuhur berjamaah, berpakaian yang sopan dan menutup aurat dan melakukan infak dengan baik dan sesuai peraturan sekolah serta sarana tempat ibadah yang kurang untuk menampung jumlah siswa untuk melakukan sholat berjamaah. (2) terdapat beberapa siswa yang enggan berpedapat karena malu dan takut di tertawakan temannya dan diskusi merupakan sarana pembelajaran siswa untuk memperoleh pemahaman dan cara menyelesaikan masalah. Kesimpulan. Implementasi karakter religius siswa kelas V SD Negeri 71 Kota Bengkulu hanya indikator melakukan infak yang sudah berjalan secara optimal sedangkan indikator berdoa sebelum dan sesudah belajar, melaksanakan shalat berjamaah dan berpakaian sopan dan menutup aurat belum berjalan secara optimal. Implementasi karakter toleransi siswa kelas V SD Negeri 71 Kota Bengkulu hanya indikator bekerjasama dengan teman yang berbeda agama, suku ras dan etnis dalam kegiatan dikelas maupun disekolah yang sudah terlaksana secara optimal, sedangkan indikator menjaga hak teman yang berbeda agama untuk melaksanakan ajaran agama dan menghargai pendapat yang berbeda sebagai sesuatu yang insani belum terlaksana secara optimal. Kata Kunci : Implementasi, Karakter Religius, dan Karakter Toleransi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Jul 2024 04:48
Last Modified: 24 Jul 2024 04:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19140

Actions (login required)

View Item View Item