Anggraini, Suci and Victoria, Karjiyati and Irfan, Supriatna (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN 32 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SUCI ANGGRAINI_A1G017100_SKRIPSI...pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah model discovery learning, meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Tematik dengan menerapkan model discovery learning, meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik kelas V SDN 32 Bengkulu Selatan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hal ini dapat dilihat dari langkah-langkah model discovery learning yaitu: stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan menarik kesimpulan, sehingga dapat dilihat peningkatan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. (2) Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I nilai rata-rata 39,75 dengan kategori cukup meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 60,5 dengan kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I nilai rata-rata 40 dengan kategori cukup meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 59,25 dengan kategori sangat baik. (3) Hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik siklus I mata pelajaran Bahasa Indonesia nilai rata-rata 71,66 dengan ketuntasan klasikal 58,33% meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 78,75 dengan ketuntasan klasikal 91,66%. Pada mata pelajaran IPA pada siklus I nilai rata-rata 70 dengan ketuntasan klasikal 50% meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,25 dengan ketuntasan klasikal 91,66%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik. Kata kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 08:38 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 08:38 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19144 |
Actions (login required)
View Item |