Indriani, Vira and Pebrian, Tarmizi and Feri, Noperman (2022) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER BERBATUAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK (PTK di Kelas IV SDN 71 Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI_VIRA INDRIANI_A1G018085.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik kelas IV A SDN 71 Kota Bengkulu dengan menerapkan model cooperative learning tipe numbered heads together berbantuan multimedia. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV A SDN 71 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data hasil observasi menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran nilai untuk setiap kategori. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Penerapan model NHT pada setiap siklus sudah terlaksana namun pada siklus I masih belum optimal sehingga diperbaiki pada siklus II. Hasil aktivitas siswa siklus I dengan rata-rata skor 21, meningkat pada siklus II menjadi rata-rata skor 38. Aspek sikap pada siklus I aspek teliti sebesar 40,74 meningkat pada siklus II sebesar 88,88%. Aspek cermat sebesar 33,33% meningkat pada siklus II sebesar 92,59%. Dan aspek percaya diri sebesar 44,44% meningkat pada siklus II sebesar 85,18%. Aspek pengetahuan siklus I, mata pelajaran Bahasa Indonesia rata-rata kelas sebesar 61,48 dengan ketuntasan belajar klasikal 40,74%, meningkat pada siklus II rata-rata kelas 84,96 dengan ketuntasan belajar klasikal 92,59%. Mata pelajaran IPA pada siklus I rata-rata kelas sebesar 53,33 dengan ketuntasan belajar klasikal 37,03% dan meningkat pada siklus II rata-rata kelas sebesar 85,07 dengan ketuntasan belajar klasikal 88,88%. Aspek keterampilan pada siklus I aspek menyampaikan sebesar 44,44% meningkat pada siklus II sebesar 88,88%. Dan aspek keterampilan mendemonstrasikan sebesar 51,85% meningkat pada siklus II sebesar 92,59%. Dengan demikian penerapan model cooperative learning tipe numbered heads together berbantuan multimedia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik Kelas IV.A SDN 71 Kota Bengkulu. Kata kunci: Numbered Heads Together, Multimedia, Hasil Belajar, Tematik
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 09:12 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 09:12 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/19145 |
Actions (login required)
View Item |